Memontum.Com

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS

Curah Hujan Cukup Tinggi, 2 Desa Bencana Tanah Longsor

  • Minggu, 3 Desember 2017 | 23:27
  • / 14 Rabiul Uula 1439
Curah Hujan Cukup Tinggi, 2  Desa Bencana Tanah Longsor
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkalan saat tinjau lokasi bencana longsor

Memontum BangkalanCurah hujan yang cukup tinggi belakangan ini di Kabupaten Bangkalan, mengakibatkan terjadi bencana tanah longsor yang ada di dua desa yaitu di Desa Macajah, Kecamatan Tanjung Bumi dan di Desa Bandang Laok, Kecamatan Kokop.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkalan, Rizal Morris menyampaikan, tanah longsor yang terjadi di Desa Macajah, Kecamatan Tanjung Bumi, pelengsengan penahan sungai ambrol dan sudah mendekati bangunan warga sekitar.

“Untuk yang di desa Bandang Laok, Kecamatan Kokop, jembatan yang menghubungkan ke 3 desa, penahan tanahnya labil akibat di gerus air dan untuk sementara tidak bisa di lalui roda empat,” ungkapnya Minggu (3/12/2017).

Rizal menambahkan, beruntung akibat kejadian bencana alam tersebut tidak sampai memakan korban jiwa maupun korban lainnya. Namun, meski demikian BPBD langsung bergerak cepat turun ke lokasi untuk mengantisipasi kejadian tersebut tidak sampai meluas.

 

“Untuk mengantisipasi meluasnya tanah longsor tersebut, kami bersama Tim TRC dan dinas PU langsung melakukan peninjauan ke dua lokasi itu untuk mengumpulkan data dan melakukan kajian cepat di lapngan untuk mengambil langkah-langkah penangan cepat agar tidak sampai meluas,” kata Rizal.

 

Lanjut Rizal, dalam musim penghujan pihaknya meminta kepada masyarakat jika terjadi bencana alam untuk segera melapor ke perangkat desa setempat. “Baik itu bencana alam berupa tanah longsor, banjir dan puting beliung, karena bencana itu sangat berpotensi terjadi di musim penghujan,” pungkasnya. (mu/nhs/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional