Connect with us

Kabar Desa

Warga RT 15 RW 2 Pandanwangi Semprotkan Desinfektan ke Lingkungan dan Rumah, Giat Mandiri Kelamaan Nunggu Pemkot Malang

Diterbitkan

||

Warga RT 15 RW 2 Pandanwangi Semprotkan Desinfektan ke Lingkungan dan Rumah, Giat Mandiri Kelamaan Nunggu Pemkot Malang

Memontum Kota Malang – Warga RT 15 RW 02 Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing Kota Malang, Minggu (22/3/2020) pagi, gotong royong melakukan penyemprotan desinfektan di lingkungannya. Ini menyikapi KLB (Kondisi Luar Biasa) akibat Covid-19 (Coronavirus Disease) yang ditetapkan Pemerintah RI, Gubernur Jatim dan Walikota Malang.

Namun, karena jajaran birokrasi di tingkat kelurahan dan kecamatan masih belum bergerak ke masyarakat, maka warga RT 15 yang dikomandani Ketua RT, Winoto, berinisiatif melakukan penyemprotan desinfektan. Giat ini diawali dengan sosialisasi kepada seluruh warga Sabtu (21/3/2020) malam.

Warga berkumpul di pos kamling RT 15 mendengarkan dari Winoto. Kebetulan di RT 15 ini, terdapat dua warga yang bekerja di perusahaan peternakan. Maka teknis penggunaan desinfektan bukan hal aneh lagi. Bahkan sudah menjadi SOP (Standar Operasional Prosedur) setiap kali masuk kandang ternak.

“Saya jamin aman pak. Aman bagi hewan peliharaan, tanaman, makanan dan anak-anak. Karena desinfektan ini, yang disemprotkan ke setiap orang yang akan masuk ke kandang,” ujar Pramono saat menjelaskan ke warga RT 15.

“Kalau masuk ke areal breeding, lebih ketat lagi sterisasinya. Semua baju harus dilepas dan pakai baju khusus,” jelas Antok Yunindra.

Antok juga menjamin, jika desinfektan yang digunakan aman bagi manusia. Karena perusahaan tempatnya bekerja selama ini menggunakannya. Bahan dasar desinfektan adalah benzalkonium chloride. Merk dagangnya bisa berbeda, tapi yang penting bahan dasarnya.

“Biayanya mandiri. Kita ambilkan dari kas RT. Baik alat semprornya, dan obat desinfektannya, difasilitasi dari kasa RT. Alhamdulillah, warga antusias,” kata Winoto.

Pelaksanaannya, warga RT 15 bergantian menyemprotkan desinfektan menggunakan tangki pompa manual dan elektrik. Satu per satu rumah warga disemprot. Halaman dan teras depan dibantu bersama warga. Bagian dalam rumah dilakukan oleh tuan rumah sendiri.

“Upaya warga RT ini, merupakan inisiatif mandiri. Ini seharusnya bisa dijadikan percontohan oleh Pemkot Malang. Bahwa pencegahan terhadap pendemi virus corona, tidak disikapi dengan berlebihan dan paranoid. Tapi langsung melakukan aksi nyata. Teknis sterilisasi menggunakan desinfektan semacam ini, di perusahaan makanan, minuman dan peternakan, sudah dijalankan setiap hari. Bahkan sudah menjadi SOP BPOM, SNI dan ISO,” ujar Anita Yuli, warga RT 15 yang bekerja sebagai manajemen mutu sebuah perusahaan minuman. (yan)