Connect with us

KREATIF MASYARAKAT

Hebat, Guru MTsN 1 Penulis Puisi Nasional, Siswi MTsN 1 Juara 3 Lomba Dai Jatim

Diterbitkan

||

Yoga Prasetya dan Nisrina Aqilah Mutiallah. (ist)
Yoga Prasetya dan Nisrina Aqilah Mutiallah. (ist)

Memontum Kota Malang – Pundi-pundi prestasi MTsN 1 Kota Malang terus dicetak, baik oleh siswa-siswi, guru dan karyawan. Salah satunya, guru bahasa Indonesia MTsN 1 Kota Malang, Yoga Prasetya, terpilih menjadi penulis puisi bertema Cinta dalam Lomba Menulis Puisi Tingkat Nasional 2020. Puisinya dibukukan dalam antologi puisi tema “Cinta” yang diadakan oleh CV Lomba Nulis Nawacita Media.

“Alhamdulillah lomba ini telah memacu saya untuk terus berkarya. Terima kasih saya sampaikan kepada seluruh sivitas akademika MTsN 1 Kota Malang yang terus memberikan dukungan sampai detik ini,” ungkap guru dan pembina ekstrakurikuler penulisan kreatif sastra dan Teater Matsanewa ini.

Menurutnya, dirinya mengikuti lomba itu untuk menyalurkan hobi yang bermanfaat, sekaligus sebagai literasi agar bisa menjadi teladan bagi generasi milenial. Selaras tujuan lomba, yakni untuk menambah literasi masyarakat Indonesia dan mengajak masyarakat untuk menulis dan berkarya.

Dalam lomba ini dipilih tiga pemenang lomba, yang mendapatkan uang tunai, piagam, dan apresiasi lainnya. Durasi Lomba Menulis Puisi Nasional 2020 ini dilaksanakan sejak 14 Februari 2020 hingga 6 Maret 2020, dan diumumkan pada 19 Maret 2020. Meski Yoga tidak meraih juara, ia menjadikan pengalaman ini cukup berarti hingga bisa mencapai level nasional.

“Berdasarkan data dari panitia lomba, total peserta lomba ini mencapai 6.000 peserta. Bagi saya mengikuti kompetisi tingkat nasional ini, pada dasarnya untuk mengukur sejauh mana kualitas karya yang saya tulis,” pungkas guru lulusan Pascasarjana UM ini.

Sementara itu, Nisrina Aqilah Mutiallah, siswi kelas VIII E MTsN 1 Kota Malang kembali meraih prestasi setelah sebelumnya menjadi juara Lomba Cipta Cerpen tingkat nasional. Kali ini, Nina, sapaan akrabnya, meraih juara 3 Lomba Dai tingkat Jawa Timur, yang diselenggarakan dalam Bhawikarsu Islamic Fair (BIF) 2020.

“Alhamdulillah, Nina bisa meraih prestasi lagi. Dia multitalenta dan didukung kedua orang tuanya. Dia pandai menulis dan anggota Organisasi Sastra Matsanewa. Sekarang Nina juga memiliki kemampuan di bidang Dai. Semoga Nina dapat menjadi inspirasi bagi teman-temannya,” apreasiasi Yoga Prasetya, guru penulisan kreatif Matsanewa.

Lomba Dai dalam kegiatan Bhawikarsu Islamic Fair (BIF) 2020 dilaksanakan di SMAN 3 Kota Malang, Sabtu (14/3/2020). Dalam acara tersebut, panitia mendatangkan guest star Naswa Aulia, seorang penyanyi asal Sidoarjo yang masih berusia 16 tahun dan juga pemenang Qiroah Nasional 2015. (adn/yan)

 

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *