Connect with us

Pemerintahan

20 Orang di Lamongan Positif Corona, Bupati Gencarkan Pencegahan, Bagikan Masker

Diterbitkan

||

20 Orang di Lamongan Positif Corona, Bupati Gencarkan Pencegahan, Bagikan Masker

Memontum Lamongan – Sebagai salah satu wujud implementasi dari instruksi Bupati Lamongan Nomor 1 Tahun 2020, Bupati Lamongan, H. Fadeli, SH, MM, beserta jajaran Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Lamongan membagikan masker penutup mulut berbahan kain dan sembako.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan Covid-19 di Lamongan, Selasa (7/4/2020).

Pembagian masker dilakukan di sejumlah wilayah, seperti di Alun-alun Lamongan, Pasar Sidoharjo dan perempatan Pagerwojo merupakan bentuk simbolis pelaksanaan intruksi. Bupati Fadeli kepada awak media mengatakan bahwa pembagian masker tersebut akan terus dilakukan hingga ke tingkat Kecamatan dan Desa- desa di Lamongan.

Bupati Fadeli juga telah menyiapkan sebanyak 30 ribu masker kain yang akan dibagikan secara bertahap ke seluruh Kecamatan di Lamongan.

“Penggunaan masker dianggap sangat efektif, mengingat keadaan wilayh di Lamongan yang sudah terindikasi sebagai zona merah. Jumlah yang muncul masih 13 yang positif, karena itu kewenangan pemerintah pusat dan gubernur untuk mengumumkan, tapi sebenarnya yang positif sudah mencapai 20 orang,” ujar Bupati Fadeli menegaskan.

Tak hanya itu, Bupati Fadeli menjelaskan, penularan virus yang diketahui lewat droplet atau percikan saat berbicara, batuk, atau pilek dapat diminimalisir dengan penggunaan masker. Selain itu, tambah Fadeli, seluruh warga juga dihimbau untuk tetap melakukan Physical distancing (jaga jarak) minimal 1 meter, tidak berkerumun dan tidak keluar rumah jika tidak mendesak.

“Sampai saat ini kami masih mempersiapkan dan mengusahakan yang terbaik untuk masyarakat Lamongan. Hanya saja, ini semua butuh proses,” pungkasnya. (Fjr/zen/yan)