Connect with us

Pemerintahan

Jember, PPDB SMP, SD dan TK Telah Dibuka

Diterbitkan

||

Kadis pendidikan Kabupaten Jember Edi Budi Susilo. (Dok)
Kadis pendidikan Kabupaten Jember Edi Budi Susilo. (Dok)

Memontum, Jember – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Pertama (SMP), SD dan TK tahun ajaran 2020/2021 di kabupaten Jember telah di buka mulai 9 juni dan berakhir pada tanggal 20 Juni 2020.

Hal ini tentunya menjadi kabar yang menggembirakan, meski masa Pandemi Covid -19 orang tua masih bisa mendaftarkan putra putrinya untuk bersekolah.

Terkait hal tersebut, pendaftaran akan dilakukan dengan 2 cara yakni menggunakan Daring ( secara Online) atau bisa datang langsung kesekolah yang dituju.

“Untuk jalur prestasi, keluarga tidak mampu (afirmasi), difabel dan perpindahan tugas orang tua pada 9 – 11 Juni dan Zonasi tanggal 17 – 20 Juni 2020,” ujar Kadis Pendidikan Kabupaten Jember Dr H Edy Budi Susilo MSi.

Bagi anak-anak yang memiliki prestasi sambung Kadis pendidikan yang kerap disapa Edy ini menunjukkan atau dibuktikan dengan piagam atau sertifikat.

“Sedangkan jalur Afirmasi bisa menunjukkan Kartu program keluarga harapan (PKH), kartu keluarga sejahtera(KKS), dan kartu Indonesia Pintar (KIP), ” sambungnya.

Edy menghimbau kepada orang tua calon siswa untuk melaksanakan proses pendaftaran dengan sebaik-baiknya dan dengan memperhatikan SOP yang telah diumumkan.

Edy menjelaskan, pelaksanaan PPDB, mengacu Permendikbud No. 44 tahun 2020, sementara pendaftaran TK negeri bisa datang langsung ke sekolah yang dituju.

“Informasi sudah disebarluaskan, juga melalui media online,” katanya.

Edy menambahkan, total lulusan SD/MI negeri dan swasta sejumlah 38.287 dan untuk daya tampung SMP negeri sebanyak 15.424 siswa, terdiri dari 482 kelas dengan pagu tiap rombel sebanyak 32 siswa di 94 SMP negeri.

Sedangkan untuk daya tampung SD negeri, mencapai 31.836 siswa, yang terdiri dari 1.136 rombel dengan pagu 28 siswa di 908 lembaga SD negeri, sementara, untuk daya tampung TK, Negeri 266 siswa.

“Untuk TK Negeri ada 6 lembaga TK negeri yakni di Kecamatan Ambulu, Jengawah, Kalisat, Kaliwates, Kencong dan Panti, ” pungkasnya. (bud/yud/oso)

 

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *