Connect with us

Pendidikan

Polinema Terapkan Praktikum Daring, Dosen Harus Kreatif Pilih Metode

Diterbitkan

||

Pudir 1 Polinema, Supriatna Adhisuwignjo ST MT
Pudir 1 Polinema, Supriatna Adhisuwignjo ST MT

Memontum Kota Malang Polinema (Politeknik Negeri Malang) kembali membuat gebrakan dalam penerapan new normal perkuliahan. Jika sebelumnya melaunching SBMPN (Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri) daring dan portofolio serta menyiapkan seleksi mandiri daring, kini menerapkan praktikum daring. Metode ini dijalankan sejak tanggal 8 Juni – 3 Juli 2020.

Sebelumnya, DR Awan Setiawan, Direktur Polinema menyampaikan, setelah pemerintah pusat dan daerah menetapkan masa transisi new normal, pihaknya segera menindaklanjuti di internal kampus. Bahkan Polinema telah melakukan SBMPN daring dan portofolio, saat Walikota Malang Sutiaji menyarankan ke pimpinan kampus se Kota Malang.

Selain itu, Polinema juga menerapkan praktikum daring. Ini bisa jadi kali pertama di dunia pendidikan. Jika pembelajaran daring sudah dilakukan mulai jenjang SD, SMP, SMA sederajat, bagaimana dengan praktikum/praktek daring? Pudir 1 Polinema, Supriatna Adhisuwignjo ST MT menjelaskan, pihaknya telah menyusun teknis perkuliahan praktik/praktikum daring selama masa pandemi covid-19, sebagai berikut:

1. Dosen bisa menyelenggarakan praktikum yang sifatnya demonstrasi. Dosen merekam demonstrasi praktikum yang dilakukan dengan menggunakan kamera kemudian menguploadnya melalui platform digital yang tersedia. Untuk menunjang hasil pelaksanaan demonstrasi ini dosen bisa memberikan materi demonstrasi serupa yang didapat dari Youtube dengan mencantumkan sumber video.

2. Dosen bisa menyelenggarakan praktikum yang sifatnya skill lab dengan alat dan/atau bahan yang mudah didapat oleh mahasiswa. Dosen memberikan materi pengantar praktikum melalui media digital, menyampaikan jobsheet atau panduan praktikum mata kuliahnya dan memberikan penugasan kepada mahasiswa untuk melakukan praktikum mandiri di rumah mengikuti panduan praktikum yang sudah diperolehnya atau mengikuti video demonstrasi yang sudah ditunjukkan oleh dosennya. Proses praktikum mandiri mahasiswa jika diperlukan bisa divideokan. Hasil praktikum mandiri ditulis dalam laporan praktikum dan video praktikum mandiri mahasiswa, dikirim ke dosennya.

3. Dosen bisa menyelenggarakan praktikum dengan memberikan penugasan untuk melakukan praktikum kering menggunakan platform simulasi digital baik online maupun offline. Hasil simulasi praktikum ditulis dalam laporan praktikum dan dikirim ke dosennya. Laporan praktikum dapat berbentuk file document, video, atau lainnya.

“Pemilihan metode yang paling tepat untuk setiap mata kuliah diserahkan kepada setiap dosen pengampu mata kuliah praktik/praktikum masing-masing. Disesuaikan dengan karakteristik mata kuliah yang diampu dan kesesuaian serta ketersediaan perangkat penunjang praktikum mata kuliahnya. Kombinasi dari berbagai rekomendasi metode praktikum sangat diharapkan untuk mendapatkan hasil perkuliahan praktik/praktikum yang paling optimal,” jelas Supriatna kepada memontum.com. (yan)