Connect with us

Pendidikan

Polinema Menuju Kampus Vokasi Terakreditasi Internasional

Diterbitkan

||

Polinema Menuju Kampus Vokasi Terakreditasi Internasional

Memontum Kota MalangPolinema (Politeknik Negeri Malang) ditengah pandemi covid-19, tidak kehilangan semangat mewujudkan visinya menjadi lembaga pendidikan tinggi vokasi yang unggul dalam persaingan global. Saat ini, Polinema sedang bersiap untuk akreditasi internasional. Bertempat di Ruang Rapim Gedung AA pada Rabu (17/6/2020) telah dilaksanakan ASIC Remote Inspection.

ASIC (Accreditation Service for International Schools, Colleges & Universities) adalah badan akreditasi independen yang berada di Inggris yang mempunyai spesialisasi akreditasi sekolah, perguruan tinggi, universitas, organisasi pelatihan dan penyedia pendidikan online.

Ketua Panitia Pelaksana Akreditasi Internasional yang merupakan Kepala Kantor Jaminan Mutu Polinema, Doddy Maulana SE MT MSc, mengungkapkan bahwa Polinema mengajukan 20 prodi untuk akreditasi internasional dari 7 jurusan, diantaranya 7 prodi Teknik Elektro, 4 prodi Akuntansi, 2 prodi Administrasi Niaga, 2 prodi Teknik Mesin, 2 prodi Teknik Sipil, 2 prodi Teknik Informatika dan 1 prodi Teknik Kimia.

“Jika nanti Polinema mendapatkan akreditasi internasional oleh badan internasional ini, maka Polinema dapat memperluas jaringan kerjasama internasional. Lembaga akreditasi internasional ini telah mengakreditasi lebih dari 300 perguruan tinggi di lebih 60 negara. Itu merupakan networking yang cukup besar sehingga kita bisa melakukan kerjasama double degree, joint degree, dan joint research,” jelas Doddy.

Pembantu Direktur I, Supriatna Adhisuwignjo ST MT, mengatakan akreditasi internasional ini merupakan titik awal Polinema untuk berdaya saing regional dan internasional.

“Kita mengharapkan adanya pengakuan dari lembaga akreditasi internasional untuk memperkuat jejaring kerjasama internasional di bidang akademik seperti student exchange, collaborative research, summer camp dan intership”, ujar Pudir I. (yan)