Connect with us

Kabar Desa

Pemdes Pasir Putih Tuntaskan Penyaluran BLT-DD III, Diberikan kepada 173 KPM

Diterbitkan

||

Pemdes Pasir Putih Tuntaskan Penyaluran BLT-DD III, Diberikan kepada 173 KPM

Memontum Situbondo – Pemerintah Desa Pasir Putih telah menuntaskan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) dari dana desa (DD) tahun anggaran 2020. Dana yang dikucurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19 sebanyak 173 KK dari jumlah 1556 KK yang terdiri dari 6 dusun diberikan secara merata, Kamis (25/6/2020).

Kepala Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, H Zaenal mengatakan, bahwa bantuan ini diperuntukkan bagi warga yang sudah memenuhi kriteria yang datanya sudah ditentukan oleh Musdes khusus yang dihadiri oleh Ketua BPD, Sekdes, Tomas dan Toga desa Pasir Putih.

Kepala Desa Pasir Putih, H Zaenal bersama Camat Bungatan yang diwakili oleh Sekcam H Junaedi saat menyalurkan BLT-DD tahap III tahun anggaran 2020 secara simbolis. (her)

Kepala Desa Pasir Putih, H Zaenal bersama Camat Bungatan yang diwakili oleh Sekcam H Junaedi saat menyalurkan BLT-DD tahap III tahun anggaran 2020 secara simbolis. (her)

” Bantuan ini diharapkan tersalurkan pada warga kami yang terdampak secara ekonomi dengan adanya pandemi virus Corona atau Covid-19 dan kami ucapkan terima kasih banyak atas bantuan dan kerjasamanya satgas desa, yang sudah mengawal mulai dari proses perencanaan sampai pelaksanaan, ” katanya.

Kades Pasir Putih H Zaenal menyampaikan, kami berharap tidak ada persoalan baru, karena dana bantuan ini disalurkan untuk meringankan beban warga terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19.

“ Kepada masyarakat penerima. Kami meminta supaya memanfatkan bantuan BLT-DD ini untuk memenuhi dan membantu kebutuhan rumah tangga sehari-harinya, ” pungkasnya.

Ditambahkan H Zaenal, dari 173 KPM pada penyaluran BLT-DD tahap III ini selain Perangkat Desa dihadiri juga oleh BPD Desa Pasir Putih, Sekcam Bungatan, Kapolsek Bungatan serta Babinsa dan Babinkamtibmas Pasir Putih serta Pendamping Desa Kecamatan Bungatan.

” Total hari ini ada 173 (KPM) yang masing-masing menerima Rp.600 ribu. Kami membagikannya dengan pedoman warga yang terdampak covid-19 serta warga miskin yang telah di data oleh pihak RT / RW, “pungkasnya.

Sementara itu, Sekcam Bungatan, H Junaedi menghimbau kepada warga penerima manfaat untuk memperhatikan protap protokol kesehatan dengan wajib memakai masker, selalu cuci tangan dan jaga jarak.

“ Kami mewakili Bapak Camat, maka kami menghimbau kepada seluruh kepala desa yang ada di wilayah Kecamatan Bungatan untuk memajang atau dipampang di balai desa daftar nama-nama penerima BLT-DD agar dapat diketahui oleh warganya, ” pintanya.

Melalui Musdes warga Desa pembagian bantuan langsung tunai tahap III (ketiga) Desa Pasir Putih berjalan tertib dan lancar dengan standart protokoler kesehatan. Masyarakat tampak mengikuti semua aturan yang telah ditetapkan pihak panitia desa. (her/yan)

 

Kabar Desa

Desa Grobogan Lakukan Rotasi Perangkat Desa

Diterbitkan

||

Pelantikan perangkat Desa Grobogan, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang.
Pelantikan perangkat Desa Grobogan, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang.

Memontum JombangPemerintahan Desa Grobogan, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, menggelar pelantikan perangkat desa setempat, Selasa (27/10) tadi. Bertempat di kantor balai desa, pelaksanaan juga diikuti Muspika Mojowarno.

Sesuai Surat Keputusan Kepala Desa Grobogan, tentang pengangkatan perangkat desa No.55 sampai dengan 59 Tahun 2020, tentang pemberhentian dan pengangkatan kembali Perangkat desa atas nama Zainal Arifin Kepala Urusan Keuangan menjadi Kepala Seksi Kesejahteraan.

Lalu, Miskan Tarib Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum menjadi Kepala Dusun Purwodadi, Dinul Muhammad Kepala Urusan Perencanaan menjadi Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum, Heri Susanto Kepala Dusun Purwodadi menjadi Kepala Seksi Pemerintahan, Taufik Kepala Dusun Mulyorejo menjadi Kepala Urusan Keuangan

Camat Mojowarno, Arief Hidajat, dalam sambutannya menyampaikan ucapkan selamat kepada perangkat desa yang baru dilakukan pergantian. Terkait dengan pergantian, Camat menjelaskan tentang dasar hukum sebagaimana dijelaskan dalam Perbup No.15 Tahun 2018 yang di rubah menjadi Perbup no.18 Tahun 2019. Bahwa untuk pengisian atau penjaringan perangkat desa bisa di lakukan dengan 2 cara yaitu melalui mutasi atau penjaringan apabila ada kekosongan.

“Kebetulan, di Desa Grobogan ada tiga posisi perangkat yang kosong. Sehingga, Kepala Desa mengadakan mutasi. Pemberhentian dan pengangkatan kembali merupakan hak prerogatif Kepala Desa, karena apa yang di sampaikan Kepala desa selama hampir 1 Tahun menjabat sudah tahu dan bisa menilai mana yang tepat untuk perangkat desa,” kata Camat Mojowarno.

Kepala Desa Grobogan, Whiliyanti Aptadda, dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa pelantikan dan pengukuhan kembali perangkat Desa Grobogan, bertujuan untuk menyegarkan perangkat desa. Tujuannya, agar kinerja lebih baik di masa mendatang.

“Saya berharap, setelah pengangkatan dan pengukuhan perangkat desa ini, bisa menciptakan semangat baru serta tanggung jawab yang lebih baik. Sehingga, membawa berkah serta barokah bagi warga Desa Grobogan,” ujarnya.

Wakil BPD Desa Grobogan, Zainal Abidin, pun berharap sama yakni dengan pelaksanaan mutasi, akan membawaanfaat dan barokah kepada warga desa di Desa Grobogan. (azl/sit)

 

 

 

Lanjutkan Membaca

Kabar Desa

Kades Penggaron Mutasi Sejumlah Perangkat

Diterbitkan

||

Pelantikan dan mutasi jabatan digelar di Balai Desa Penggaron.
Pelantikan dan mutasi jabatan digelar di Balai Desa Penggaron.

Memontum JombangPemerintahan Desa Penggaron menggelar pelantikan dan mutasi jabatan di Balai Desa Penggaron, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, Senin (26/10) pagi. Dalam acara itu, turut hadir Sekretaris Kecamatan Mojowarno, Lilik Zarkoni SH ME, Muspika Mojowarno dan perangkat pemerintahan desa setempat.

Sekcam Mojowarno dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada perangkat lama atas kinerjanya selama ini dan mengucapkan selamat bertugas kepada perangkat baru. Dijelaskan, pergantian perangkat merupakan hak dari Kades, yang salah satu tujuannya untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Mutasi jabatan perangkat bertujuan untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan mendekatkan sedekat-dekatnya pelayan kepada masyarakat. Salah satunya, seperti yang sudah dinikmati, adalah pelayanan cetak KTP dan pelayanan cetak Kartu Keluarga. Semuanya, sudah bisa dilakukan secara online di Kantor Kecamatan Mojowarno,” kata Lilik Zahroni.

Kepala Desa Penggaron, Riko Ret Hendrik, dalam sambutannya menjelaskan bahwa pemutasian jabatan ini sudah ada aturannya. Sebagaimana diatur dalam Peraturan Permendagri No 67 Tahun 2017 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa dan Perbup no 18 Tahun 2019 tentang perangkat desa yang berbunyi Kepala Desa bisa memutasi Perangkat Desa selagi ada kekosongan.

“Ini merupakan salah satu hak prerogatif atau hak Kepala Desa (Kades). Karena mencakup tupoksi (tugas pokok dan fungsi) pemerintahan desa.Tujuan mutasi ini, sebagai upaya penyegaran pelaksanaan tugas-tugas pelayanan di desa,” ujar Riko.

Harapannya, setelah adanya pelantikan dan mutasi jabatan perangkat, pelayanan dapat meningkat. Kinerja pun menjadi lebih baik dalam pelayanan masyarakat maupun pembangunan desa. Sehingga, bisa membantu Kepala Desa menjalankan tugas pemerintahan desa sesuai dengan visi dan misi Kades selama menjabat.

Sekedar diketahui, perangkat desa yang dimutasi sesuai Surat rekomendasi Camat Mojowarno No. 141/487/415.71/2020 antara lain, Edi Suyono, yang sebelumnya Kepala Dusun Penggaron menjadi Kepala Urusan Keuangan, Mahmud Nasution Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum menjadi Kepala Dusun Penggaron, Endang Retno Ningsih Kepala Urusan Keuangan menjadi Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum, Fajar Kurniawan Kepala Seksi Pemerintahan menjadi Kepala Urusan Perencanaan dengan masa jabatan sampai dengan 60 Tahun. (azl/sit)

 

 

Lanjutkan Membaca
Advertisement KPPS
Advertisement KPPS
Advertisement KPPS
Advertisement KPPS
Advertisement

Terpopuler