Connect with us

Jombang

Bupati Jombang Serahkan Bantuan Alsintan Untuk Gapoktan Dan Kelompok Wanita Tani

Diterbitkan

||

Memontum Jombang – Bupati Jombang Hj.Mundjidah Wahab menghadiri acara penyerahan Alsintan untuk Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan Kelompok Wanita Tani di GOR Hasbullah Said Tambakberas, Sabtu (29/8/2020).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jombang Drs. Prijadi M.M dalam laporannya mengungkapkan, Jombang sebagai lumbung pangan Jawa Timur harus dipertahankan. Salah satunya adalah dengan menjaga dan meningkatkan kesuburan tanah.

“Prioritas program di tahun 2021 nanti adalah meningkatkan kesuburan tanah dan mengendalikan organisme pengganggu tanaman. Kami laporkan kepada Ibu Bupati bahwa pada musim kemarau yang pertama ini lahan kita terserang virus sejumlah 1069 hektar dan terserang wereng 600 ha,” papar Prijadi.

Prijadi juga melaporkan bahwa sudah melakukan Gerakan Pengendalian Hama secara Massal (GERDAL) dan juga mengajak para petani untuk bercocok tanam serta berbudidaya teknologi tanaman padi dengan aturan-aturan yang telah direkomendasikan oleh Dinas Pertanian karena prinsipnya rekomendasi ini adalah hasil dari penelitian sehingga dapat dipertanggung jawabkan.

Sementara itu, anggota DPR RI dari Komisi IV yang salah satunya membidangi dalam pertanian Emma Ummiyatul Chusna mengatakan akan terus memperjuangkan Kabupaten Jombang khususnya dalam bidang pertanian.

Salah satunya adalah dengan memberikan bantuan Alsintan (alat mesin pertanian). Tidak bisa dipungkiri bahwa di era saat ini jika ingin meningkatkan hasil pertanian harus dengan alat-alat yang modern. “Bantuan ini adalah wujud bukti bukan janji, kami berikan fakta bukan berita, kita tunjukan kepada masyarakat bahwa keinginan kami dari awal berangkat menjadi wakil masyarakat Kabupaten Jombang menuju kursi DPR RI ingin menjadi chairunnas anfa’uhum dan disini kami akan menyampaikan yang pertama terkait bantuan dari Kementerian Pertanian Insyaallah kalau ditotal alat mesin pertanian dari alat mesin pertanian panen dan pasca panen lebih dari 200 unit,” tutur Emma Ummiyatul Chusna dengan penuh semangat.

Selain alat pertanian yang diberikan kepada Gapoktan, Ning Emma, panggilan akrab anggota DPR RI ini juga memberikan bantuan bibit dan benih jagung serta juga pupuk organik. “Kalau alatnya sudah bagus, bibitnya ada namun kalau tanahnya tidak dipupuk, hasil jelas tidak bisa maksimalkan makanya saya juga memberikan bantuan berupa alat pengolahan pupuk organik,” sambung Ning Ema.

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menyambut baik atas bantuan yang diberikan kepada para petani Jombang dari Kementan melalui anggota DPR RI. “Kabupaten Jombang selama ini merupakan lumbung pangan di Jawa Timur dan nasional. Prestasi ini harus dipertahankan bahkan kalau bisa ditingkatkan. Saya yakin dengan bantuan alat sistem pertanian ini produktifitas para petani di Jombang akan meningkat. Alat-alat ini akan membantu para petani dalam bercocok tanam baik sebelum tanam sampai dengan panen,” tutur Bupati Jombang.

Bupati Jombang juga mengungkapkan, selain meningkatkan produksi padi dan jagung, Pemerintah Kabupaten Jombang juga akan mengembangkan kawasan Kecamatan Wonosalam, Bareng, Ngoro dan Mojowarno menjadi kawasan yang bisa menghasilkan buah buahan. “Kita akan bagikan bibit pisang kepada para petani yang ada di wilayah Jombang selatan diantaranya Wonosalam, Bareng, Mojowarno dan Ngoro,” jelas Bupati Jombang.

Dalam acara tersebut dibagikan berbagai alat sistem pertanian berupa 1 unit Combine Harvester Besar, 4 unit traktor roda 4, 5 unit UPPO (Unit Pengolah Pupuk Organik), 4 unit traktor roda 2 dan beberapa unit hand sprayer. Penyerahan beberapa Alsintan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Bupati Jombang didampingi Emma Ummiyatul Chusna. (Jbg-1/syn)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *