Connect with us

Kota Malang

10 Progam Studi Unikama Lolos Kampus Merdeka Belajar Kemendikbud

Diterbitkan

||

Gedung Kantor Pusat Unikama.

Memontum Malang – Bertambah lagi prestasi Universitas Kanjuruhan (Unikama) Malang di tahun 2020 ini. Sebelumnya, Unikama masuk Top 100 besar Perguruan Tinggi di Indonesia. Kali ini Unikama kembali menorehkan prestasi, 10 Program Studi Unikama lolos pendanaan penerapan kampus Merdeka Belajar, Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemdikbud).

Menurut surat edaran yang dikeluarkan oleh Kemdikbud Nomor 2087/E2/BP/2020, Unikama mendapatkan program bantuan, menerapkan kerja sama Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Ada 10 Program Studi (Prodi) yang lolos dalam pendanaan program bantuan ini, yakni Program Studi Akuntansi, Bimbingan Konseling, Manajemen, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Geografi, Pendidikan Matematika, Peternakan, Sastra Inggris dan Sistem Informasi.

“Pendanaan ini memang untuk 10 Prodi yang lolos, tetapi di Unikama kami memberlakukan semua Prodi untuk wajib mengimplementasikan kurikulum MBKM di Angkatan 2019/2020 dan 2020/2021,” terang Wakil Rektor I Dr. Sudi Dul Aji, M.Si, Jum’at (4/9/2020).

Sudi juga mengungkapkan, masih banyak hal yang perlu disiapkan, seperti kurikulum dan perangkat pembelajaran, sistem administrasi akademik, serta pembekalan dosen pembimbing.

“Kampus merdeka belajar sangat baik, dilihat dari konsepnya mahasiswa bisa memiliki peluang untuk mengembangkan kompetensi sesuai apa yang diminati,” tambahnya.

Dia berharap, dengan beban 40 SKS yang dilaksanakan diluar perguruan tinggi akan sangat membantu mahasiswa dan bisa menjadi bekal di dunia kerja nanti. Mahasiswa tidak hanya menerima teori, tetapi juga secara langsung mempraktikkan ilmu yang didapat dan juga menambah pengalaman.

“Dengan mendapatkan program bantuan penerapan kurikulum MBKM ini, semua Prodi di Unikama mampu menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya. Prodi nantinya juga dapat menjalankan kurikulum MBKM dengan perangkat pembelajaran yang memadai,” tutupnya. (cw2/syn)

 

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *