Connect with us

Banyuwangi

Dua Paslon Tidak Taat Protokol Kesehatan

Diterbitkan

||

Koordinator Divisi Hubungan Antar Lembaga dan Kehumasan Bawaslu Banyuwangi, Adrian Yansen Pale saat melakukan pengawasan di kantor KPU Banyuwangi, Minggu (6/9/2020) (ras)

Memontum Banyuwangi – Hasil pengawasan Bawaslu Banyuwangi pada hari terakhir pendaftaran Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi, Minggu (6/9/2020) kedua Paslon tidak taat protokol kesehatan

Divisi Hubungan Antar Lembaga dan Kehumasan Bawaslu Banyuwangi, Adrian Yansen Pale mengatakan, dari catatan yang pihaknya amati selama pelaksanaan pendaftaran Cabup dan Cawabup terkait protokol kesehatan sudah cukup maksimal. “Kami menyimpulkan, kepatuhan protokol covid19. Kedua Bapaslon belum mematuhi protokol Covid 19. Tetap mengerahkan massa dalam jumlah yang cukup banyak, pawai pengiring Bapaslon dan tidak ada instruksi dari Bapaslon untuk mengatur jarak yang cukup antara kerumunan massa,” ujar Adrian Yansen Pale.

Sedangkan, kata Ansel sapaan akrab Adrian Yansen Pale, berkas syarat pencalonan dan calon bukan kewenangan pihaknya. Tapi domain KPU Banyuwangi. “KPU Banyuwangi telah menyatakan menerima berkas kedua Bapaslon karena sudah dinyatakan lengkap,” kata Ansel.

Menurut Ansel, meski berkas dua Bapaslon tersebut dinyatakan lengkap pihaknya akan mengalisis dan memverifikasi berkas persyaratan pencalonan tersebut. “Kami masih perlu menganalisis dan memverifikasi semua berkas yang dipersyaratkan, baik berkas syarat calon maupun syarat pencalonan dari jalur partai politik atau gabungan partai politik hasil pengawasan langsung kami kemarin secara utuh. Apakah berita acara yang dikeluarkan KPU Banyuwangi sudah sesuai dengan hasil pengawasan kami terhadap peraturan perundang-undangan,” paparnya.

Ansel menambahkan, terkait protokol kesehatan, Bawaslu Banyuwangi menghimbau, mengajak semua pihak untuk patuhi demi kesehatan masyarakat Banyuwangi. “Mari kita mentaati anjuran pemerintah untuk mematuhi protokol kesehatan. Dan masalah ini kami anjurkan ke jajaran kami. Tak henti-hentinya kami instruksikan untuk mentaati dengan. selalu mengenakan APD. Minimal pakai masker, jaga jarak dan budayakan cuci tangan dengan sabun,” pungkas Adrian Yansen Pale. (tut/mzm)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *