Connect with us

Berita

Ketua PKK Trenggalek Ajak Masyarakat Beli Produk Lokal

Diterbitkan

||

Memontum Trenggalek -Guna mendorong percepatan pemulihan ekonomi di Kota Keripik Tempe, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek Novita Hardiny mengajak masyarakat untuk membeli produk lokal.

Ia menyebut, dengan berbelanja produk lokal Trenggalek maka upaya ini juga akan berarti membantu mempercepat pemulihan ekonomi akibat pandemi covid.

“Krisis terjadi apabila sebuah daerah tidak menjalankan mekanisme pasar yang baik, jadi obatnya krisis itu sebenarnya bagaimana kesadaran masyarakat untuk bisa menghidupkan perekonomian di daerah itu dimulai dari dirinya sendiri,” ungkap Novita, Selasa (08/09/2020) siang.

Saat menghadiri sosialisasi pemulihan ekonomi di Kecamatan Suruh, ia menyampaikan bahwa sejatinya ekonomi bisa memulihkan dirinya sendiri, asalkan telah terbangun mekanisme pasar yang baik.

“Upaya pemulihan ekonomi juga telah ditunjukkan oleh Tim Penggerak PKK Trenggalek yang bekerjasama dengan Pemerintah, untuk membantu masyarakat terdampak pandemi khususnya di sektor UMKM,” imbuhnya.

Selain itu Tim Penggerak PKK juga membantu Pemerintah untuk memberikan stimulus permodalan usaha bagi para pelaku UMKM terdampak pandemi covid-19. Anggaran sebesar 6 Milyar telah disiapkan oleh Pemkab Trenggalek untuk mendukung upaya pemulihan ekonomi melalui program ini.

Bahkan, kini Tim Penggerak PKK bersama Dinas Kominfo dan Dinas Komidag juga meluncurkan platform digital e-brosur untuk mempermudah pelaku UMKM memasarkan produknya.

“Kalau kita semua sudah punya kesadaran mau membeli produk lokal, mau membeli produk dari temannya atau tetanggannya yang hanya di daerah Trenggalek maka krisis itu bisa sembuh dengan sendirinya,” kata Novita.

Istri Bupati Trenggalek ini juga mengatakan bahwa dengan adanya perputaran uang secara terus menerus maka krisis ekonomi akibat pandemi ini juga akan segera berakhir. “Membelanjakan uang di Trenggalek bisa menjadi terobosan paling ampuh untuk memulihkan perekonomian yang sempat lesu akibat adanya pandemi covid-19,” tegasnya.

Dengan begitu, meski dalam situasi pandemi ekonomi masyarakat di Kabupaten Trenggalek bisa kembali pulih. “Dengan saling membantu, membeli produk ke teman atau kenalan yang ada di Trenggalek. Meskipun kita sedang di gerus pandemi covid yang luar biasa, ekonomi kita tidak terjadi apa-apa,” pungkas ibu 3 anak ini. (mil/syn)

 

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *