Connect with us

Kabar Desa

191 Petani di Kecamatan Wonosalam Menerima Kartu Tani

Diterbitkan

||

KARTU TANI : Suasana pembagian kartu tani bagi 191 petani di Kec. Wonosalam
KARTU TANI : Suasana pembagian kartu tani bagi 191 petani di Kec. Wonosalam.

Memontum Jombang – Sebanyak 191 petani di Kecamatan Wonosalam menerima kartu tani, Jumat (18/09/2020). Mereka dari tiga desa yaitu Desa Sambirejo, Desa Galeng Dowo dan Desa Wonomerto. Tampak hadiri dalam kesempatan tersebut perwakilan dari Bank BNI dan PPL Pertanian Wonosalam Umam serta Bhabinkamtibmas setempat.

Kepala Desa Galengdowo Wartomo, S.Sos menyampaikan, pengambilan kartu tani gabungan tiga Desa yaitu Desa Sambirejo, Desa Galengdowo dan Desa Wonomerto dilakukan sesuai protokoler kesehatan.

Lanjut Wartono, di Desa Wonomerto sebanyak 21 orang petani yang menerima kartu tani, Desa Galengdowo 19 orang dan Desa Sambirejo sebanyak 151 orang.

“Ini dibagikan secara bertahap, bagi yang berhalangan mengambil di balai desa bisa mengambil langsung ke Kantor BNI Jombang,” kata Wartomo.

Ditambahkannya, saat ini masih banyak para petani yang belum memiliki kartu tani. Bagi petani yang ingin memiliki kartu tani bisa langsung mengajukan dengan menyerahkan foto copy Kartu Keluarga (KK), foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan foto copy SPPT ke masing-masing Pemdes atau kelompok tani setempat.

“Ini supaya pembagian kartu tani sesuai dan tepat sasaran maka Pemerintahan Desa Sambirejo, Galengdowo dan Wonomerto mewajibkan bagi masyarakat yang mengajukan kartu tani harus menyerahkan foto copy Kartu Keluarga (KK), foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan foto copy SPPT,” ujar Wartomo.

Wartomo berharap semoga dengan adanya kartu tani ini mempermudah para petani mendapat pupuk bersubsidi yang saat ini langka. (jbg-1/syn)

Kabar Desa

Desa Galengdowo Gandeng Koramil Wonosalam Kembangkan Ternak Sapi

Diterbitkan

||

Kades Galengdowo, Wartomo.
Kades Galengdowo, Wartomo.

Memontum Jombang – Kepala Desa Galengdowo, yang sekaligus Ketua Kordinator Kepala Desa se-Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, mengaku sangat puas dengan sinergitas bersama Koramil Wonosalam Kodim 0814 Kabupaten Jombang. Maklum, upaya pengembangan potensi ternak sapi perah di desa tersebut, mampu berjalan dengan mulus.

“Pengelolaan dari pengembangan ternak di Galengdowo, itu bermacam-macam. Diantaranya seperti KUD serta Bumdes. Semua itu, hasil bersinergi dengan baik untuk kepentingan masyarakat,” kata Kades Galengdowo, Wartomo.

Ditambahkan, dari sinergitas tersebut, mampu direspon masyarakat dengan sangat bagus. Salah satu faktornya, karena mayoritas masyarakat, memang bergelut di peternakan sapi. Karenanya, pemerintah desa mengoptimalkan hal tersebut.

“Semua elemen lembaga, dalam hal ini Pemerintahan Desa, Bhabinsa dan Tiga pilar, ikut mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Apalagi, selain bidang peternakan, seperti pertanian dan perkebunan, juga terus kita dorong bersama-sama,” ujarnya.

Atas nama Kepala Desa Se-Kecamatan Wonosalam dan Warga Galengdowo, mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Babhinsa Koramil Wonosalam Kodim 0814 Jombang. Atas inisiatif serta dedikasi dalam peningkatan ekonomi masyarakat desa Se-Kecamatan Wonosalam, akhirnya bisa terwujud.

“Alhamdulilah, Babhinsa Kecamatan Wonosalam, khususnya di Desa Jarak dan Galengdowo, turun langsung ke masyarakat di gudang pengolahan pakan ternak sapi perah. Bhabinsa selalu mendampingi serta turut mengikuti program-program dari desa. Bsik dalam bidang ekonomi maupun insfrastruktur,” ungkap Wartomo. (azl/sit)

 

 

Lanjutkan Membaca

Kabar Desa

Desa Grobogan Lakukan Rotasi Perangkat Desa

Diterbitkan

||

Pelantikan perangkat Desa Grobogan, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang.
Pelantikan perangkat Desa Grobogan, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang.

Memontum JombangPemerintahan Desa Grobogan, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, menggelar pelantikan perangkat desa setempat, Selasa (27/10) tadi. Bertempat di kantor balai desa, pelaksanaan juga diikuti Muspika Mojowarno.

Sesuai Surat Keputusan Kepala Desa Grobogan, tentang pengangkatan perangkat desa No.55 sampai dengan 59 Tahun 2020, tentang pemberhentian dan pengangkatan kembali Perangkat desa atas nama Zainal Arifin Kepala Urusan Keuangan menjadi Kepala Seksi Kesejahteraan.

Lalu, Miskan Tarib Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum menjadi Kepala Dusun Purwodadi, Dinul Muhammad Kepala Urusan Perencanaan menjadi Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum, Heri Susanto Kepala Dusun Purwodadi menjadi Kepala Seksi Pemerintahan, Taufik Kepala Dusun Mulyorejo menjadi Kepala Urusan Keuangan

Camat Mojowarno, Arief Hidajat, dalam sambutannya menyampaikan ucapkan selamat kepada perangkat desa yang baru dilakukan pergantian. Terkait dengan pergantian, Camat menjelaskan tentang dasar hukum sebagaimana dijelaskan dalam Perbup No.15 Tahun 2018 yang di rubah menjadi Perbup no.18 Tahun 2019. Bahwa untuk pengisian atau penjaringan perangkat desa bisa di lakukan dengan 2 cara yaitu melalui mutasi atau penjaringan apabila ada kekosongan.

“Kebetulan, di Desa Grobogan ada tiga posisi perangkat yang kosong. Sehingga, Kepala Desa mengadakan mutasi. Pemberhentian dan pengangkatan kembali merupakan hak prerogatif Kepala Desa, karena apa yang di sampaikan Kepala desa selama hampir 1 Tahun menjabat sudah tahu dan bisa menilai mana yang tepat untuk perangkat desa,” kata Camat Mojowarno.

Kepala Desa Grobogan, Whiliyanti Aptadda, dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa pelantikan dan pengukuhan kembali perangkat Desa Grobogan, bertujuan untuk menyegarkan perangkat desa. Tujuannya, agar kinerja lebih baik di masa mendatang.

“Saya berharap, setelah pengangkatan dan pengukuhan perangkat desa ini, bisa menciptakan semangat baru serta tanggung jawab yang lebih baik. Sehingga, membawa berkah serta barokah bagi warga Desa Grobogan,” ujarnya.

Wakil BPD Desa Grobogan, Zainal Abidin, pun berharap sama yakni dengan pelaksanaan mutasi, akan membawaanfaat dan barokah kepada warga desa di Desa Grobogan. (azl/sit)

 

 

 

Lanjutkan Membaca
Advertisement KPPS
Advertisement KPPS
Advertisement KPPS
Advertisement KPPS
Advertisement

Terpopuler