Connect with us

Jember

Kripik Kelapa Muda Jadi Produk Andalan UMKM Desa Darungan

Diterbitkan

||

Memontum Jember – Kripik kelapa muda produk andalan UMKM Desa Darungan Kecamatan Tanggul menjadi suguhan saat menyambut kehadiran Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR saat acara penyaluran 284 kartu tani, Rabu (16/9/2020)

Menurut Bupati, produk kelapa muda ini unik dan mungkin masih belum ada di wilayah Jawa Timur bahkan mungkin di Indonesia. Oleh karena itu harus dikembangkan dan didukung oleh sarana dan prasana yang memadai.

“Keripik kelapa muda ini unik dan saya yakin dengan didukung oleh  pemerintah desa misalnya Bumdes hasil produk ini menjadi besar dan satu satunya di Jawa Timur,” ujar Bupati.

Sementara itu, Kades Darungan H.Sukron Arafit menerangkan, membuat kripik kelapa muda ini terinspirasi  karena di Desa Darungan sendiri sebagai penghasil buah kelapa.  “Disini pohon kelapa sangat banyak dan melimpah sehingga tercetuslah inspirasi membuat Kopdar ini,” jelas Kades yang kerap disapa H. Sukron ini.

Dikatakannya, keripik kelapa muda Darungan (Kopdar) tersebut adalah karya dari karang taruna. Karena masih terbentur oleh biaya, maka Kopdar ini dikerjakan secara manual oleh karenanya masih butuh sentuhan dari pemerintah.

“Setelah mengadakan musyawarah bersama adik – adik karang taruna Kopdar ini akan dijadikan atau ditunjukkan sebagai icon di Desa Darungan. Oleh karena pemerintah desa sangat mendukung,” katanya.

Selain mendapat suguhan Kopdar, kehadiran Bupati Faida di Desa Darungan sebelumnya disambut oleh Tarian Maumere oleh pemudi karang taruna.  (bud/syn)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *