Connect with us

Jember

Keluarga Balita Stunting di Jember Prioritas Sambungan PDAM Gratis

Diterbitkan

||

Memontum Jember – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Jember menggelar Kongres Air Minum di Desa Serut Kecamatan Panti secara online atau daring yang diikuti di 15 titik yang ada  di kecamatan, Senin (21/9/2020) .

Kongres air minum tersebut sebagai wujud komitmen pemenuhan air bersih di Kabupaten Jember, sebagai tindak lanjut program PDAM Jember sebelumnya, yakni pasang gratis 10.000 sambungan.

Kongres tersebut dihadiri Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR, perwakilan pejabat pusat, Pemprov Jatim dan penerima atau pelanggan baru dari program sambungan gratis saluran air bersih dari PDAM

“Air bersih adalah hak semua orang, maka dari itu sebagai wujud komitmen, PDAM Jember memberikan sambungan gratis pada masyarakat untuk mendapat air bersih secara gartis,” ujar Bupati.

Bupati menerangkan, sambungan gratis ini adalah berkat gotong royong antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat, di tahun 2018 sejumlah 1000, tahun 2019 sebanyak 3.000 dan di tahun 2020/2021 sebanyak 10.000 sambungan. “Subsidi untuk tahun ini (2020), Pemkab Jember melalui APBD sebesar 15 miliar rupiah,  sedangkan untuk tahun 2021 senilai 25 miliar,” katanya.

Soal kriteria penerima, Bupati berlatar belakang dokter menjelaskan, ada kreteria khusus penerima program pasang gratis diantaranya keluarga dengan ibu hamil dan keluarga yang memiliki balita stunting mendapatkan prioritas.

“Supaya selama kehamilan hingga melahirkan agar mendapatkan air bersih dan anak yang dilahirkan sehat,  juga air bersih adalah salah satu solusi menyelesaikan masalah balita stunting,” ujarnya.

Selanjutnya, prioritas penerima juga diberikan kepada keluarga yang memiliki anak tahfidz minimal satu juz, para guru ngaji, keluarga kader posyandu, keluarga takmir masjid, kaum dhuafa, buruh tani, buruh tembakau. “Tidak ketinggalan juga nelayan agar bisa meningkat kesejahteraannya,” katanya.

Hal senada disampaikan Direktur Utama PDAM Kabupaten Jember Ady Setiawan. Pada tahun anggaran tahun 2020, PDAM Kabupaten Jember mendapatkan program sambungan gratis sebanyak 4.000 sambungan. “Baru terselesaikan sebanyak 3.600 sambungan, kekurangan kita selesaikan akhir bulan, ” terang Ady Setiawan.

Dengan penyertaan modal senilai 15 Miliar kata Ady, selain untuk 4000 sambungan gratis juga membuka sistem baru di Sukorambi dan Balung serta membangun gedung  administrasi Hazora. (bud/syn)