Connect with us

Pendidikan

UIN Maliki Rayakan Dies Maulidiyyah Ke 59

Diterbitkan

||

Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Abdul Haris.
Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Abdul Haris.

Memontum Kota Malang – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, merayakan Dies Maulidiyyah ke-59, Selasa (29/9) pagi. Bertempat di Lapangan UIN, Kota Malang, serangkaian kegiatan bertema ‘Revolusi UIN Maliki Menuju Smart Islami University’ digelar secara apik.

Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Abdul Haris menyampaikan, makna dari pengambilan tema tersebut, karena pada kondisi saat ini manusia sudah dipaksa untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam melaksanakan Tridharma di perguruan tinggi (PT). Terkait penyebutan pembukaan menjadi “kickoff”, baginya segala bahasa merupakan bahasa yang Islami dan semua memiliki makna yang sama. Dan agar menarik, sehingga dibuatlah nama Kickoff.

“Biar bagus dan menarik, pakai istilah kickoff. Kan seperti di permainan sepak bola, seru gitu,” katanya dengan bernada gurau.

Perayakan Dies Maulidiyyah Ke 59 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Perayakan Dies Maulidiyyah Ke 59 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Angka 59 pada perayaan tersebut, tambah Rektor, memiliki makna tersendiri. Menurutnya, bila dilihat dari Pancasila yang saling berkaitan antara Sila 1 dengan sila yang lainnya, dan begitu pula bila dilihat dari rukun islam. Yang artinya, bahwa angka 5 menunjukkan kerukunan dan kerjasama. Sedangkan, angka 9 memiliki makna sebagai puncak suatu kemajuan. Karena angka 9, merupakan angka tertinggi dari deret angka yang lain.

Dalam acara yang dibuka dengan senam pagi bersama itu, juga hadir Wali kota Malang, Sutiaji. Orang nomor satu di pemerintah Kota Malang itu, hadir tidak hanya sebagai Wali Kota dan alumni UIN Maliki Kota Malang. Namun, juga sebagai Mitra Kampus UIN.

“Harapan saya, dengan mengangkat tema ini, ke depan juga dapat mengembangkan IT dari berbagai segi. Sehingga nantinya, UIN semakin banyak dikenal oleh masyarakat luas. Tidak hanya nasional, tapi juga internasional,” kata Wali Kota Malang, Sutiaji.

Selain dosen dan karyawan, kegiatan Dies Maulidiyah UIN Maliki Malang juga diikuti oleh beberapa mahasiswa secara daring. Di akhir acara, dilakukan pelepasan balon oleh Rektor UIN Maliki Malang, dengan Wali Kota Malang. (mg1/sit)