Connect with us

Kabar Desa

Perhatikan Prokes, Pemdes Tambak Kalisogo Gelar Sedekah Bumi

Diterbitkan

||

SEDEKAH BUMI : Pj. Kepala Desa Tambak Kalisogo, Abdul Rokhim (baju batik warna putih) dalam rangka sedekah bumi menggelar do'a bersama dipendopo kantor balai desa. (gus)
SEDEKAH BUMI : Pj. Kepala Desa Tambak Kalisogo, Abdul Rokhim (baju batik warna putih) dalam rangka sedekah bumi menggelar do'a bersama dipendopo kantor balai desa. (gus)

Memontum Sidoarjo – Pemerintah Desa Tambak Kalisogo, Kecamatan Jabon beserta warga setempat menggelar Qhotmil Quran dan doa bersama. Acara ini digelar dalam rangka Ruwat Desa Tambak Kalisogo, Kamis (01/10/2020) siang.

Serangkaian acara itu, dipusatkan di balai desa. Nampak hadir Forkopimpka Jabon, Perangkat Desa, BPD, LPM, Toga, Tomas, PKK dan Karang Taruna.

Pj. Kepala Desa Abdul Rokhim dalam sambutannya mengatakan terkait kegiatan rutin ruwat desa atau sedekah bumi yang dilakukannya saat ini sangat berbeda. Dikarenakan situasi dan kondisi tidak memungkinkan, sebab adanya wabah virus coroana (Covid-19). Tetap kita kemas dengan tidak menghilangkan adat, makna dari sedekah bumi ini.

“Mensyukuri nikmat Alloh SWT , dan terbebas dari bahaya malah petaka demi masyarakat Desa Tambak Kalisogo khususnya aparatur desa. Kegiatan ini sudah koordinasi dengan warga, sebab sedekah bumi itu biasanya dengan pesta rakyat atau hiburan. Namun saat ini orentasinya adalah menyelamatkan masyarakat dari wabah virus corona (Covid-19),” jelasnya.

Sementara Sekretaris Desa M. Rofi’i di ruang kerjanya menambahkan, bahwa tradisi kegiatan ruwat desa digelar adalah agenda rutin setiap tahun.

Kegitannya ini dikemas berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, namun kali ini di masa pandemi Covid-19, tidak ada pagelaran kesenian budaya ludruk atau wayang kulit. Hanya digelar Qhotmil Quran dan doa bersama, tetap mengutamakan prokol kesehatan (Prokes).

Serangkaian acara ruwat desa, kata M. Rofi’i, sebagai wujud rasa puji syukur kehadirat Alloh SWT yang telah memberikan kesehatan, keselamatan, kemakmuran, kesejahteraan, rezeki yang berlimpah, dan dijauhkan dari bencana bahaya malapetaka.

“Intinya sekaligus mengenang jasa para pahlawan, leluhur desa atau sing babat alas Desa Tambak Kalisogo. Hal ini digelar secara serentak diseluruh wilayah Desa Tambak Kalisogo. Sedangkan qhotmil qur’an, dan do’a bersama, juga turut digelar pada mushola, masjid yang berada di Dusun,” terang M. Rofii. (gus/syn)

 

 

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *