Connect with us

Politik

PCNU Kabupaten Pastikan Netral

Diterbitkan

||

Ketua PCNU Kabupaten Malang, dr Umar Usman.
Ketua PCNU Kabupaten Malang, dr Umar Usman.

Memontum Malang – Tahapan Pilkada Kabupaten Malang, saat ini sudah memasuki masa kampanye. Seiring berjalannya prosesi tersebut, Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Malang, memastikan sikap netralnya terhadap tiga Paslon (pasangan calon) yang maju dalam Pilkada Kabupaten Malang.

“Kita sebagai organisasi sosial kemasyakaratan, berharap pada masa kampanye ini dapat dimaksimalkan dengan baik oleh Paslon untuk sosialisasi. Di sisi lain, kami di PCNU, sebagai organisasi tidak boleh ikut politik praktis. Sehingga, PCNU tidak memihak siapa pun dan bersikap netral saat kontestasi Pilkada ini berlangsung,” kata Ketua PCNU Kabupaten Malang, dr Umar Usman, kepada memontum.com.

Ditambahkan dr Umar, meski demikian, PCNU sebagai organisasi sosial kemasyarakatan juga tidak melarang anggotanya untuk ikut terjun di pesta demokrasi. Karena, apa yang dilakukan adalah sebagai bentuk warga negara yang baik. Dengan catatan, tetap menjaga batasan-batasan tersendiri yang harus dijaga oleh anggota NU yang ikut partisipan peserta pilkada.

“Jamaah kita mempunyai hak politik masing-masing sebagai warga negara. Sehingga, kami persilahkan jamaah untuk ikut proses pilkada (kampanye). Dengan catatan, jamaah atau anggota menjaga batasan-batasan, seperti tidak boleh memanfaatkan lembaga (NU) untuk bahan kontestasi pilkada,” tambah Ketua PCNU yang juga seorang dokter itu.

Masih menurut dr Umar, semua ini dilakukan, untuk menjaga stabilitas sosial di masyarakat. Sebaliknya, jika ada anggota yang terindikasi melanggar, maka akan diambil tindakan. (mg2/sit)