Connect with us

Hukum & Kriminal

Maling Kotak Amal Masjid Beraksi di Sekarpuro

Diterbitkan

||

Pelaku saat melakukan aksinya. (ist)
Pelaku saat melakukan aksinya. (ist)

Memontum Malang – Seorang pelaku pencurian satroni Masjid Darul Muttaqin di Desa Sekarpuro, RT 17/RW 05, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Sabtu (3/10/2020) pukul 17.15. Dalam aksinya itu, pelaku membobol kotak amal hingga berhasil mencuri uang yang diperkirakan sejumlah Rp 3 juta.

Meskipun berhasil kabur usai mencuri uang tersebut, namun pelaku bakal merasa malu dan ketakutan dikarenakan rekaman CCTV aksinya sudah tersebar di media sosial Facebook. Adapun ciri-curi pelaku memakai baju merah dan tas slempang.

Mustain (44) ketua RT setempat mengatakan bahwa kejadian ini diketahui sekitar pukul 17.20 saat warga hendak Salat Magrib. Saat itu kotak amal masjid sudah berantakan dan gembok sudah hilang. “Kemudian dilakukan pengecekan CCTV hingga diketahui aksi pelaku,” ujar Mustain.

Dalam rekaman CCTV, pelaku tampak mengendarai motor Yamaha Jupiter MX hitam. Setelah memarkir motornya, pelaku masuk ke dalam masjid. Sepertinya saat itu pelaku melihat situasi kemudian keluar menuju tempat wudhu. Baru setelah itu pelaku masuk kembali ke dalam masjid.

Saat itu pelaku belum melakukan aksinya dikarenakan ada dua orang yang sedang salat. Baru setelah dua orang itu pergi, pelaku melakukan aksinya. Dia mulai mendekat kotak amal yang berada di dalam masjid. Dia mencari kotak amal yang berisikan banyak uang.

Dalam rekaman itu pelaku sempat mengotak-atik gembok kotal amal. Di Kotak amal itu ada empat gembok. Setelah berhasil menjebol gembok, pelaku kemudian menyeret kotak amal. Sepertinya pelaku mengetahui ada kamera CCTV hingga kemudian menyeret kotak amal itu ke tempat yang tidak terdapat CCTV nya.

Setelah berhasil menguras uang kotak amal, pelaku langsung pergi dengan aman. “Nopol motor pelaku tidak terlihat. Sebab saat itu ditutupi oleh pelaku dengan menggunakan jaket,” ujar Mustain. Kejadian ini belum dilaporkan ke pihak kepolisian. (gie)