Connect with us

SEKITAR KITA

56 WBP Lapas Porong Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Diterbitkan

||

SEMBUH: Petugas mendata 56 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas I Surabaya yang ada di Porong, Sidoarjo karena sembuh dari Covid-19, Selasa (06/10/2020).
SEMBUH: Petugas mendata 56 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas I Surabaya yang ada di Porong, Sidoarjo karena sembuh dari Covid-19, Selasa (06/10/2020).

Memontum Sidoarjo – Upaya penanganan Covid-19 di Lapas Kelas I Surabaya yang ada di Desa Kebonagung, Kecamatan Porong, Sidoarjo menunjukkan hasil positif. Sebanyak 56 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang sempat dinyatakan positif Covid-19 sejak 18 September 2020 lalu, akhirnya dinyatakan sembuh, Selasa (06/10/2020).

Rencananya, seusai dinyatakan sembuh, puluhan WBP itu dikembalikan lagi ke blok huniannya masing-masing. Pemindahan WBP dari blok isolasi ke blok hunian melalui pendataan.

Kepala Lapas Kelas I Surabaya, Gun Gun Gunawan mengatakan sebelumnya pihaknya melakukan tes usap (swab test) massal terhadap 400 orang dari WBP dan pegawai pada 18 dan 21 September 2020 lalu. “Setelah hasilnya keluar, kami langsung melakukan tindak lanjut berupa tracing, isolasi dan treatment bagi WBP yang terkonfirmasi COVID-19,” ujarnya.

Gun Gun menjelaskan selama isolasi, pihak Lapas Porong selalu memberikan asupan makanan bergizi, mengajak berolahraga ringan dan memberikan perawatan yang diperlukan. “Hasilnya, mereka dinyatakan sembuh dari Covid-19 hari ini,” tegasnya.

Kasi Perawatan Lapas Kelas I Surabaya, Prayogo Mubarak menyebut sesuai ketentuan Dinas Kesehatan, pada tanggal 6 Oktober 2020, masa isolasi bagi 56 WBP yang terkonfirmasi telah selesai. “Makanya tadi siang, para WBP ini dikeluarkan dari ruang isolasi khusus Covid-19 itu,” ungkapnya.

Sebelum dikembalikan, para WBP berkumpul di halaman klinik untuk mengikuti penyuluhan kesehatan dan pembagian masker. Prayogo menjelaskan selama dirawat, seluruh WBP ini tidak ada yang menunjukkan terkena gejala Covid-19. “Tapi, kami tetap menerapkan protokol penanganan Covid-19 secara disiplin,” jelasnya.

Prayogo menguraikan hingga saat ini, ada 117 orang WBP dan pegawai Lapas Kelas I Surabaya yang dinyatakan Covid-19. Sebanyak 115 orang dinyatakan telah sembuh. “Dua orang meninggal dunia di rumah sakit karena memiliki penyakit penyerta (komorbid) itu,” tandasnya. (wan/syn)

 

 

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *