Connect with us

Banyuwangi

DPU Pengairan Banyuwangi Upayakan Air Bersih Di Kawasan Ijen

Diterbitkan

||

DPU Pengairan Banyuwangi Upayakan Air Bersih Di Kawasan Ijen

Memontum Banyuwangi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, secara resmi mengusulkan Geopark Ijen menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark alias jaringan geopark dunia.

Agar rencana Pemkab Banyuwangi sukses, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pengairan Banyuwangi turut mendukung rencana itu dengan cara memenuhi kebutuhan air bersih di Kawasan Paltuding, dan Taman Wisata Kawah Ijen

Plt Kepala Dinas PU Pengairan, Guntur Priambodo melalui Sekretaris Dinas, Riza Al Fahroby, mengatakan untuk menunjang usulan pemerintah tersebut, pihaknya akan mengupayakan air bersih dikawasan tersebut.

“Kami Dinas PU Pengairan turut serta menyukseskan ini. Jika sumber mata air bisa dialirkan, maka pengunjung dan masyarakat sekitar tidak kesulitan air bersih lagi,” kata Riza Al Fahroby, ST, MSc.

Masih menurut Riza Al Fahroby, pada 24 September 2020 laku, tim dari Dinas PU Pengairan dan Perhutani serta beberapa stakeholder telah melakukan survei lapangan untuk mencari potensi sumber mata air dari Gunung Ranti. Nantinya, air dari kawasan tersebut akan dialirkan dari atas untuk memenuhi kebutuhan di Kawasan Pal Tuding.

“Ini masih tahap awal, dan akan dilakukan pencarian kembali untuk mencari sumber yang besar,” jelasnya.

Sekretaris Dinas PU Pengairan berharap, semoga apa yang diupayakan ini berhasil dan bisa bermanfaat untuk masyarakat, dan wisatawan.

“Semua rencana ini bisa berjalan dengan lancar. Dengan adanya saluran air akan bermanfaat bagi masyarakat dan wisatawan yang berkunjung di kawah Ijen, dan Paltuding,” pungkasnya. (ras/sit)