Connect with us

Kota Batu

Warga Toyomerto Segera Miliki Jalan Tembus

Diterbitkan

||

Kepala DPUPR Binamarga, Alfi Nurhidayat.
Kepala DPUPR Binamarga, Alfi Nurhidayat.

Permudah Aktivitas

Memontum Kota Batu – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR) Binamarga Kota Batu, berencana melakukan pembangunan jalan tembus. Adalah jalan yang menghubungkan Toyomerto dan Jalibar, yang menjadi bidikan pengerjaan di Tahun 2021.

Kepala DPUPR Binamarga, Alfi Nurhidayat, menjelaskan bahwa rencana pembangunan telah dianggarkan pada tahun depan. Sehingga, untuk proses pembangunannya, bisa dilakukan di waktu yang sama.

“Awal tahun, diharapkan sudah bisa dimulai. Untuk besaran anggaran, dialokasikan sekitar Rp 20 miliar. Dengan uraian, memiliki panjang sekitar 2 kilometer dan lebar sekitar 12 meter,” katanya.

Pembangunan jalan tembus ini, tambahnya, merupakan salah satu rangkaian dari ring road Kota Batu. Karena, jalan ini berhubungan dengan jalan alternatif mulai dari Krematorium Junrejo – Tlekung – Jalibar dan keluar di Toyomerto.

“Selain untuk pemerataan ekonomi di Kota Batu, dengan pembangunan ini akan memudahkan aktifitas warga. Khususnya, warga Dusun Toyomerto. Sehingga, seperti pendistribusian hasil bumi hingga susu dari hasil peternakan, akan lebih cepat serta dapat memangkas biaya transportasi selama ini,” imbuhnya.

Program prioritas Pemkot Batu tersebut, mendapat dukungan penuh DPRD Kota Batu. Komisi C DPRD Kota Batu, saat meninjau salah satu program prioritas pembangunan jalan tembus Toyomerto – Jalibar, Selasa (13/10) tadi, sangat terkesan.

“Kami akan dukung ini. Kami akan anggarkan pembangunannya. Karena jalan tembus ini jadi pemecah kemacetan dan juga untuk pemerataan ekonomi bagi masyarakat,” terang Didik Machmud, disela peninjauan.

Anggota Komisi C lainnya, Rudi, berharap semua SKPD saling bersinergi agar visi misi Wali Kota Batu dan semua program-programnya, bisa terlaksana. Pihaknya akan mendukung program prioritas bisa terlaksana. Salah satunya, seperti jalan tembus ini. (bir/sit)