Connect with us

SEKITAR KITA

Puluhan Warga Segel Kantor Sekretaris Desa Paowan

Diterbitkan

||

Warga unjuk rasa dan menyegel Kantor Sekretaris Desa Paowan, Selasa (13/10/2020) siang. (her)
Warga unjuk rasa dan menyegel Kantor Sekretaris Desa Paowan, Selasa (13/10/2020) siang. (her)

Memontum Situbondo – Diduga karena oknum Sekretaris Desa (Sekdes) tidak transparan dalam penggunaan dana desa (DD) yang dikucurkan Pemerintah, puluhan warga Desa Paowan, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo yang didominasi oleh kaum ibu menyegel Kantor Sekretaris Desa Paowan, Selasa (13/10/2020) siang.

Kekesalan warga memuncak saat mereka mengetahui oknum Sekdes Paowan (MF) tidak berada di tempat. Ditambah lagi, ulah seorang Kaur Desa berinisial JS yang terkesan acuh dalam menyikapi keluhan warga. Bahkan, Kaur Desa tersebut juga terlihat ikut campur dalam urusan menjawab terkait BST.

Sehingga mosi tidak percaya terhadap oknum Sekretaris Desa (Sekdes) Paowan Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur (MF) yang diduga banyak merugikan masyarakat, puluhan warga ngeluruk ke kantor Desa Paowan.

Dihadapan Camat Panarukan, Danramil, Polsek dan Kades Paowan yang hadir menemui warga di kantor Desa, tokoh masyarakat setempat, H Mistari atau yang akrab dipangil Bronto ini membeberkan sejumlah dugaan penyelewengan yang terjadi di Desa Paowan, seperti penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST), pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan lain sebagainya yang dilakukan oleh oknum Sekdes yang ditengarai jarang masuk ke kantornya.

Tak hanya itu, situasi yang semakin lama semakin memanas, karena tidak puas dengan jawaban yang diberikan oleh camat dan Kades, warga yang turut audensi tersebut sempat marah dan nyaris terjadi kisruh. “Saya bersama warga yang hadir disini minta kepada Camat Panarukan dan Kades Paowan ini agar segera memecat Sekdes yang merugikan masyarakat. Apalagi sudah jarang ngantor,” tandas Bronto diiringi applaus warga.

Sementara Kepala Desa (Kades) Paowan, Saiful Hady S.Pd. mengatakan, terkait tuntutan puluhan warganya itu akan dievaluasi terlebih dahulu bersama pihak Kecamatan dan kabupaten. “Kalau apa yang disampaikan oleh masyarakat tadi itu benar, maka APIP yang akan turun. Kalau tudingan jarang masuk kantor itu memang benar dan sudah saya beri teguran tapi sifatnya masih lisan,” pungkas Saiful Hady. (her/mzm)

 

 

SEKITAR KITA

Operasi Zebra Sat Lantas Polres Makota Sasar Masyarakat Tak Bermasker

Diterbitkan

||

Petugas memasangkan masker kepada ibu-ibu yang ditemui di jalan. (ist)
Petugas memasangkan masker kepada ibu-ibu yang ditemui di jalan. (ist)

Memontum Kota Malang – Sat Lantas Polresta Malang Kota (Makota) dan Polsek jajaran, serentak melakukan giat bagi masker, edukasi tentang keselamatan berlalu lintas dan disiplin protokol kesehatan, Sabtu (31/10/2020) pagi.

Lokasi pembagian masker, Polsek Lowokwaru membagikan di Jl Mertojoyo, Polsek Blimbing membagikan di simpang empat Jl LA Sucipto, Polsek Kedungkandang di Jl Raya Madopuro, Polsek Sukun di simpang tiga Janti, Polsek Klojen di Jl Arif Margono dan Polresta Malang Kota di kawasan Jl Dieng dan Dinoyo, Kota Malang.

Giat ini dilakukan oleh petugas kepolisian saat ‘hunting system’ Operasi Zebra Semeru 2020. Yakni menyisir tempat-tempat keramaian dan pasar. Petugas juga mendatangi antrian kendaraan di SPBU-SPBU di Kota Malang.

Kasat Lantas Polresta Malang Kota AKP Ramadhan Nasution SH SIK saat dikonfirmasi Memontum.com melalui ponselnya pada Sabtu (31/10/2020) siang mengatakan bahwa giat pembagian masker ini adalah rangkaian Operasi Zebra Semeru 2020. “Selama enam hari Operasi Zebra Semeru 2020, dari Sat Lantas Polresta Malang Kota, sebanyak 2000 masker yang sudah kami bagikan,” ujar AKP Rama.

Petugas terus melakukan patroli hunting system sambil membagikan masker. “Selagi kita Operasi Zebra, tidak hanya pelanggaran lalu lintas yang kita kedepankan. Namun juga kegiatan simpatik pembagian masker dan mengingatkan kembali kepada masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan,” ujar AKP Rama.

Petugas mendatangi pusat keramaian. Selain pasar, petugas juga datang ke SPBU-SPBU dikarenakan SPBU saat ini cukup ramai dipadapi masyarakat yang antri mengisi bahan bakar kendaraanya untuk liburan cuti bersama.

“Pusat-pusat keramanan, juga kita datangi wilayah sekitaran pasar dan juga SPBU. Masih kita dapati ada yang tidak memakai masker, atau juga menggunakan masker namun sudah tidak layak pakai. Sasaran pembagian masker pengguna kendaraan bermotor dan masyarakat. Semoga masyarakat semakin tertib berlalu lintas dan sekain sadar tentang pentingnya protokol kesehatan,” ujar AKP Rama. (gie)

 

 

Lanjutkan Membaca

SEKITAR KITA

Empat Pemuda Lumajang Raih Penghargaan Tingkat Jatim

Diterbitkan

||

Keempat pemuda berprestasi asal Lumajang usai terima penghargaan dari Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Grahadi Surabaya.
Keempat pemuda berprestasi asal Lumajang bersama Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

Memontum Lumajang – Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-92 Tahun 2020, menjadi momentum membanggakan bagi Kabupaten Lumajang. Empat pemuda di kabupaten itu, berhasil meraih prestasi sebagai Pemuda Utama dan Pemuda Pelopor di tingkat Jawa Timur.

“Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan Wagub Jatim, Emil Dardak, tepat pada HSP kemarin memberikan penghargaan itu di Gedung Grahadi Surabaya,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lumajang, Paimin.

Ditambahkannya, khusus penilaian pada Pemuda Pelopor, Kabupaten Lumajang kembali membuat bangga seperti di tahun sebelumnya. Mereka, menampilkan kreativitas yang telah ditekuninya untuk mendukung kemajuan dan pengembangan aspek kehidupan masyarakat.

Sementara ke empat pemuda yang berhasil meraih prestasi membanggakan itu, diantaranya Oktaviansyah Purwo Bramastyo yang dinobatkan sebagai Pemuda Utama bidang Keahlian Khusus, dengan mengusung gagasan robot pengganti manusia untuk menangani pasien Covid-19. Lalu, Iman Bagus Suseno juga dinobatkan sebagai Pemuda Utama bidang Penyadaran.

Sedangkan untuk pemuda pelopor, diraih Asriafi Ath Thariq mendapat Juara I Pemuda Pelopor Bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan dan Wardatul Jannah mendapat Juara II Pemuda Pelopor Bidang Inovasi dan Teknologi. (kom/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement KPPS
Advertisement KPPS
Advertisement KPPS
Advertisement KPPS
Advertisement

Terpopuler