Connect with us

Lumajang

Lumajang Bangun Sirkuit Berskala Nasional

Diterbitkan

||

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq meninjau pembangunan sirkuit BMX di kawasan Selokambang.
Bupati Lumajang, Thoriqul Haq meninjau pembangunan sirkuit BMX di kawasan Selokambang.

Memontum LumajangLumajang akan memiliki sirkuit BMX berskala nasional di kawasan Pemandian Alam Selokambang. Rencana tersebut, disampaikan langsung Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, kemarin (13/10).

“Tahun ini akan dimulai pembangunan sirkuit standar nasional untuk olah raga BMX Cross. Ada pun lokasinya, di kawasan pemandian Selokambang. Insya Allah, pada akhir tahun ini juga pembangunannya sudah selesai dan sudah bisa digunakan,” ungkap Bupati.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Paimin, menambahkan bahwa pembangunan sirkuit saat ini sudah mencapai 60 persen dan direncanakan rampung pada 25 November 2020. Proyek pembangunan sendiri, dilakukan secara bertahap. Sehingga, nantinya sirkuit BMX yang sudah mulai pembangunannya itu, menjadi sirkuit BMX berskala internasional.

“Insya Allah, standarnya adalah internasional. Akan tetapi, untuk pemenuhan standarisasinya dilakukan secara bertahap. Untuk tahun ini, proyeksi pembangunannya untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Tahun 2022,” jelasnya.

Masih menurut Paimin, bahwa Lumajang mempunyai banyak penggiat sepeda. Pembangunan sirkuit selain untuk mewadahi para penggiat sepeda, juga diharapkan nantinya muncul atlet-atlet sepeda yang mampu mengharumkan nama Kabupaten Lumajang di kancah nasional maupun internasional.

“Salah satu pertimbangan pembangunan sirkuit, itu karena Lumajang punya potensi atlet sepeda,” harapnya.

Ditambahkan Paimin, sasaran lain dari pembangunan sirkuit, juga untuk memajukan wisata yang ada di Lumajang. Hal ini, sejalan dengan konsep sport tourism, yang tengah digarap oleh Pemkab. Di mana, venue olahraga ditempatkan dekat dengan tempat wisata seperti halnya Downhill Bike Park di kawasan Siti Sundari.

“Kenapa kami menempatkan di kawasan Selokambang, itu untuk mendukung sport tourism. Di mana, di sekitar Selokambang juga banyak penggiat sepeda BMX,” imbuhnya. (kom/lmj/sit)