Connect with us

Pemerintahan

Pemkab Jember Gelar Apel Siaga Bencana

Diterbitkan

||

Pemkab Jember Gelar Apel Siaga Bencana

Memontum Jember – Memasuki musim penghujan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember melaksanakan apel kesiap-siagaan penanggulangan Bencana Hydrometeorologi tahun 2020 di Halaman Kodim 0824 Jember, Jum’at (16/10) tadi. Hadir dalam apel tersebut, Plt Bupati Jember, Drs KH A Muqit Arief, Dandim 0824 Jember, Letkol Inf La Ode M Nurdin, Kepala Bidang Kedaduratan dan logistik BPBD Jember, Heru Widagdo dan Polres Jember serta semua stekholder sekitar 120 orang.

Kyai Muqit-sapaan Plt Bupati Jember, mengatakan bahwa di wilayah Kabupaten Jember, ada beberapa titik daerah berpotensi bencana. Seperti, di Kecamatan Panti contohnya ada tanah longsor, banjir serta puting beliung di Daerah Kalisat. Untuk mengantisipasi itu, karenanya dilakukan persiapan lebih awal.

“Kalau dahulu, kita bersikap reaktif. Tetapi sekarang, kita bersikap preventif. Jadi, sebelum terjadi bencana, kita bersiaga seawal mungkin, dengan melibatkan seluruh komponen baik TNI, Polri, BPBD, PMI, Relawan dan lainnya,” katanya seraya menambahkan, semoga Jember diselamatkan serta dijauhkan dari bencana.

Dandim 0824 Jember, Letkol Inf Laode M Nurdin, dalam kesempatan itu menyampaikan, bahwa edukasi kepada masyarakat yang berada atau tinggal di daerah rawan bencana, sangat penting. Dengan begitu, masyarakat sadar, mengerti, memahami dan waspada serta tanggap, terhadap tindakan apa yang harus dilakukan tatkala terjadi bencana terjadi.

“Kita sudah membuat peta kerawanan dan mendirikan posko-posko kebencanaan dan sudah berjalan di Kodim serta masing-masing Koramil. Kita akan pelihara datanya, sehingga data terus update,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaduratan dan logistik BPBD Jember, Heru Widagdo, menerangkan dalam penanggulangan bencana ada yang disebut Pentahelik (Lima Jalinan). Maksud dari Pentahelik, yakni salah satunya masyarakat yang bergerak dan media yang memberikan informasi kepada masyarakat tidak menjadikan panik pada warga.

“Dalam Penthahelik, media yang berguna sebagai corong penanggulangan bencana. Sedangkan kami, bergerak menurut mekanisme dan bagaimana kita menggerakkan warga dalam rangka pendampingan dan fasilitatitor pada warga, memberikan informasi,” katanya.

Ketika di tanya apakah sudah ada petugas BPBD yang dipersiapkan di lokasi potensi bencana, Heru menjawab, untuk sementara belum ada. Hal itu, dikarenakan keterbatasan personil BPBD Jember.

“Seperti di daerah Puger, ada relawan  Relawan Rimba Laut, lalu di daerah Watu Ulo ada relawan Beranjang Alas dan banyak lainnya. Untuk sementara, itu yang kita gunakan untuk mengambil tindakan tindakan yang lebih cepat,” lanjutnya.  (bud/sit)

Pemerintahan

Bupati Maryoto Minta Santri Ikut Jaga NKRI

Diterbitkan

||

oleh

Memontum Tulungagung – Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, meminta kepada santri untuk membantu pemerintah dalam memutus rantai covid 19. Selain itu, juga tetap berkarya meski di masa pandemi Covid 19.

Pesan tersebut, disampaikan Maryoto, saat memimpin apel peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2020 di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Kamis (22/10) tadi.

Seraya mengenakan kopyah, berkemeja dan sarung putih yang dibalut jas hitam, Bupati mengajak,.para santri untuk menjaga dan memelihara Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Menurutnya, santri merupakan salah satu generasi penerus bangsa, yang patut menjadi teladan. Karena, kyai dan santri ikut berjuang mendirikan negara ini.

“Jaga dan peliharalah NKRI. Sebab, para kiai dan para santri, dahulu berjuang melawan penjajah dan mendirikan Negara Republik Indonesia,” kata Maryoto Bhirowo, saat memberikan sambutan.

Maryoto Birowo juga meminta, agar santri bisa menentukan sikap kepada hal yang baik dan benar. Serta, mengatakan tidak kepada hal yang bathil.

“Santri harus bisa mengambil sikap amanatul haq. Ya, berani mengatakan iya pada yang benar dan berani mengatakan tidak pada yang bathil,” tambahnya.

Dalam apel peringatan itu, tidak kurang sekitar 120 orang, yang turut memeriahkan peringatan. Tingginya animo, membuat peringatan HSN tahun ini terlihat eksklusif dan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Dengan peringatan HSN 2020, semoga Allah SWT segera mengangkat wabah ini,” harapnya.

Sekedar diketahui, HSN ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo, pada 22 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta. Hal ini, merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni seruan yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional, KH. Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945. Seruan ini berisikan perintah kepada umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca Proklamasi kemerdekaan. (zul/sit)

Lanjutkan Membaca

Pemerintahan

Selama Libur Panjang Kota Malang Tetap Terima Wisatawan

Diterbitkan

||

Wali Kota Malang, Sutiaji.
Wali Kota Malang, Sutiaji.

Memontum Kota Malang – Wali Kota Malang, Sutiaji, tidak akan melakukan pembatasan wilayah selama memasuki cuti bersama atau libur panjang. Bahkan, terhadap wisatawan yang bakal ke Kota Malang, juga diberlakukan hal serupa.

“Silahkan berlibur, karena memang ini seperti hari raya (libur panjangnya). Dan pasti, hari Selasa sore dan Rabu, akan menjadi puncak-puncaknya mudik. Kemudian Minggunya, puncaknya arus balik,” ujar Sutiaji saat diwawancarai pada Kamis (22/10) tadi.

Sebenarnya, tambah Sutiaji, ada saran dari epidemiologi, bahwa boleh mudik tapi tidak usah liburan. Hanya saja, untuk tempat-tempat wisata tetap dibuka.

“Intinya, tetap mengutamakan protokol kesehatan,” tambahnya.

Mensikapi libur panjang, Sutiaji menjelaskan, bahwa pihaknya telah meminta kepada instansi terkait, yakni Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, untuk melakukan pengecekan fasilitas. Salah satunya, standart protokol kesehatan di tiap tempat wisata dan hotel.

“Hal itu tetap dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid. Saya minta, prosedur untuk cuci tangan, thermogun, wajib dilakukan,” tegasnya. (mg1/sit)

 

 

Lanjutkan Membaca
Advertisement KPPS
Advertisement KPPS
Advertisement KPPS
Advertisement KPPS
Advertisement

Terpopuler