Connect with us

Pemerintahan

Tunjang Wisata Pesisir, Bakal Dibangun Dermaga di Dusun Kepetingan

Diterbitkan

||

DERMAGA - Salah satu dermaga menuju Dusun Kepetingan, Desa Sawohan, Kecamatan Buduran dan Dusun Pucukan yang bakal dibangun untuk pengembangan wisata pesisir timur Sidoarjo.
DERMAGA - Salah satu dermaga menuju Dusun Kepetingan, Desa Sawohan, Kecamatan Buduran dan Dusun Pucukan yang bakal dibangun untuk pengembangan wisata pesisir timur Sidoarjo, Selasa (20/10/2020).

Memontum Sidoarjo –  Dusun Kepetingan, Desa Sawohan, Kecamatan Buduran, Sidoarjo menyimpan potensi wisata religi dan wisata air yang bisa mendatangkan banyak wisatawan. Namun potensi penghasil devisa itu, belum sepenuhnya tergarap secara baik dan maksimal. Misalnya saja, belum dibangunnya dermaga yang layak untuk para wisatawan yang bakal berkunjung ke makam Putri Ayu Dewi Sekardadu di Kepetingan. Padahal, setiap hari libur, terutama hari Minggu makam ini ramai dikunjungi para peziarah.

Di makam ibunda Sunan Giri ini, setiap tahun juga menjadi jujugan nelayan kupang Desa Balongdowo, Kecamatan Candi menggelar ritual Nyadran. Ratusan bahkan ribuan peziarah datang pada waktu masuk bulan Maulud Nabi Muhammad SAW maupun saat memasuki 1 Muharram. “Potensi dan daya tarik wisatawan untuk datang ke makam Dewi Sekadadu ini cukup tinggi. Ini perlu sentuhan dan konsep pengembangan wisata religi, termasuk wisata air,” ujar Pj Bupati Sidoarjo, Hudiyono kepada Memo X, Selasa (20/10/2020).

Menurut pejabat Pemprov Jatim ini, jika banyak pengunjung yang datang ke Dewi Sekardadu, maka secara otomatis potensi usaha makanan (kuliner) juga bakal berkembang. Saat ini, yang harus dibangun adalah Dermaga. “Karena saya melihat waktu naik perahu sandar penumpang kesulitan untuk turun. Saya sudah minta Camat Buduran untuk segera berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait membuat konsep pengembangan wisata di Kepetingan ini,” tegasnya.

Selain itu, kata Hudiyono musala yang ada di komplek makam putri ayu Dewi Sekardadu jika musim hujan datang selalu kebanjiran. Warga mengusulkan kepada Pj Bupati untuk merenovasi dengan ditinggikan 1 meter lagi agar tidak banjir. “Untuk renovasi peninggian musala akan dikerjakan tahun ini. Saya sudah mendapat laporan dari warga kalau musim hujan musala yang terletak di makam Dewi Sekardadu selalu banjir sampai masuk ke dalam. Nanti akan ditinggikan sekitar 1 meter,” tandasnya. (wan/ono)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *