Connect with us

Pemerintahan

Proyek Strategis Molor, Komisi 3 DPRD Lakukan Sidak

Diterbitkan

||

Tampak Lokasi Proyek pembanguanan jaringan SPAM di Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan
Tampak Lokasi Proyek pembanguanan jaringan SPAM di Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan.

Memontum Pasuruan –  Untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat, Pemkab Pasuruan rencananya akan membangun optic tandon pipa jaringan air bersih di tiga Kecamatan, yakni di Kecamatan Rembang, Beji, dan Gempol. Anggaran pembangunan pipa jaringan air bersih  tersebut dari DAK pusat dengan nilai yang cukup fantastis yakni di optic Kecamatan Rembang  Rp 18 miliar, optic Kecamatan Beji Rp 7 miliar, dan optic Gempol Rp 7 miliar .

Kepala  Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Ir Hari Aprianto mengatakan bahwa pembangunan jaringan air bersih akan direalisasikan pada tahun 2020.  Program  tersebut salah  satunya  untuk mendukung penyediaan sarana air bersih bagi  masyarakat  yang belum  tersedia air bersih.

“Di tahun sebelumnya,di Kabupaten Pasuruan  sudah  bangunan tandon /optic air berkapasitas besar sudah di bangun oleh kementrian PU PERA, untuk tahun  ini  di lanjutkan pembangunan jaringan  pipa distribusi ke masyarakat,” jelasnya.

Hari mencontohkan, dari perhitungan tehnis , untuk  optic  Gempol  dan optic Beji diperkirakan mampu  memberikan pelayanan  air bersih bagi 6 ribu KK lebih,  karena pasokan air  baku  kepada masyarakat   bersumber dari mata air umbulan. “Jika program pembangunan ini selesai maka pengelolaan akan di lakukan tangani  oleh PDAM Kabupaten,“ jelasnya.

Pihak  dinas menargetkan,untuk pelaksanaan pembangunan  dilaksanakan pada  Mei 2020 nanti, saat ini pihaknya masih mempersiapkan dokumen lelang 3 proyek tersebut d BLUP. Untuk paket konsultan  pengawasan  SPAM  off Take di tiga kecamatan sudah  di luncurkan sepekan lalu yakni  SPAM Off Take  Beji Rp 248,9 jt, SPAM Off Take  gempol   Rp 248,9 jt dan  SPAM Off Take  Rembang Rp 397,6  jt

Proyek dengan anggaran cukup fantastis tersebut, Komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan mulai gencar melakukan sidak ke beberapa proyek strategis. Sidak tersebut sebagai wujud implementasi fungsi parlemen dalam pengawasan.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan, H. Syaifulloh Damanhuri mengatakan, sidak yang dilakukan kali ini untuk mengetahui sejauh mana capaian pengerjaan proyek-proyek strategis nasional di wilayah Kabupaten Pasuruan. “Sebagai wakil rakyat, kita harus memantau perkerjaan tersebut, bagaimanakah secedul progresnya, apakah sudah sesuai,” tegas Syaifullah. (bw/arf)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *