Connect with us

Pendidikan

Lima Tim Polinema Ikuti Kontes Robot Indonesia

Diterbitkan

||

Memontum Kota Malang – Politeknik Negeri Malang (Polinema) mengirimkan lima tim untuk bertanding dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) Wilayah ll secara daring melalui mekanisme video conference. Dalam KRI 2020 yang ke-18, peserta akan bersaing dengan 82 tim dari berbagai Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia. Sementara pelaksanaannya, akan digelar pada Sabtu (10/10) hingga Minggu.

Lima tim yang diajukan nanti, masing-masing dari mahasiswa jurusan Teknik Elektro dan Teknik Informatika. Dimana kelima divisi tersebut adalah, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda dan Humanoid, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTI).

Ketua Tim KRI Polinema, Sapto Wibowo, Ph.D, mengatakan bahwa Tim KRI Polinema telah bersiap mulai tahun lalu, usai KRI 2019. Hanya saja, karena terjadi kendala saat pandemi covid-19, maka ada perubahan peraturan menjadi sistem daring. Perubahan itu, tentu membuat mahasiswa tidak bisa maksimal dan memerlukan waktu penyesuaian dari luring menjadi daring.
“Saat ini mahasiswa tidak bisa lembur mempersiapkan lomba. Fokus tim justru menjadi terbagi. Yakni, antara harus mempersiapkan teknisnya dan menyediakan lapangan. Sementara robot, tentu perlu diprogram ulang,” imbuhnya.

Masih menurutnya, masing-masing tim yang mengikuti kontes akan diberi pendampingan oleh dosen. Ulil Albab (KRPAI) di bawah bimbingan Sapto Wibowo, Ph.D, Robsonema (KRSBI Beroda) dengan pembimbing Indrazno Sirajuddin, Ph.D “Kemudian, untuk KRSBI Humanoid, Aroc_PL dibimbing oleh Indrawan, M.T., Rotarinema (KRTI) dengan pembimbing Leonardo, M.Sc.,” imbuhnya. (mg1/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *