Connect with us

Pemerintahan

Wali Kota Gowes Bareng Sekaligus Sampaikan Program Prioritas

Diterbitkan

||

Wali Kota Probolinggo bersama Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kaber Bing Berek menggelar gowes bareng Walikota Probolinggo.
Wali Kota Probolinggo bersama Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kaber Bing Berek menggelar gowes bareng.

Peringati HSN dan Sambut Hari Sumpah Pemuda

Memontum Probolinggo – Semarak peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke-VI serta dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda Tahun 2020, Pemkot Probolinggo bersama Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kaber Bing Berek menggelar gowes bareng Walikota Probolinggo.

Kedatangan Wali Kota Habib Hadi bersama wakilnya Wawali Subri disambut alunan lesung klotek ibu-ibu perkumpulan Ronjengan Sekar Harum Manis, melantunkan sholawat Nabi Muhammad SAW, Minggu (25/10/2020)

Yang bikin perhatian, Habib Hadi dan Subri mengambil alih memainkan lesung klotek, meski tidak kompak, malah jadi hiburan masyarakat. “Kalau sudah dimainkan, sulit juga.Tidak semudah saat melihat,” ujar Habib Hadi sambil tertawa.

Ketua KIM Kaber Bing Berek Andrean Subiantoro menjelaskan tujuan gowes ini adalah untuk mengenalkan masyarakat pada makanan dan musik tradisional. Ya, sebanyak 4.000 kue tradisional disediakan oleh panitia acara untuk diberikan kepada penggowes usai mancal.

Makanan tradisional itu terbuat dari ketela pohon atau singkong, diantaranya adalah getuk, klepon, lapis, tabun, sate singkong, pilus singkong, sawut, tape ketan dan tape singkong.Menurut Andrean makanan tradisional itu diperoleh dari sumbangan seikhlasnya dari warga KIM Kaber Bing Berek dan juga sponsorship.

Selain itu dalam acara gowes ini juga diramaikan dengan kontribusi pedagang menjual bazar makanan dan minuman di sepanjang jalan acara. Acara ini diikuti sekitar 600 goweser berasal dari Kota dan Kabupaten Probolinggo. “Jarak yang ditempuh 10 kilo meter, dengan estimasi waktu kurang lebih 45 menit,” jelas Andrean.

Masih menurut pemuda 23 tahun itu, rute gowes adalah Jalan Wali Kota Gatot-Bundaran Glaser-Pasar Krempyeng Jrebeng Lor-Jalan Ilyas-Pasar Sapi-RTH Kedopok-Jalan Mahakam-Jalan Barito-Jalan Bengawan Solo-finish kembali di KIM Kaber Bing Berek Jrebeng Kulon. Tepat pukul 05.58 waktu setempat gowes dilepas Walikota Habib Hadi Zainal Abidin didampingi Wawali Subri ditandai dengan pelepasan burung merpati.

Dalam sambutannya Walikota Habib Hadi mengajak masyarakat untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh. “Mudah-mudahan dengan berkumpulnya kegiatan ini (gowes bareng), kita dapat menyambung silaturahmi antar komunitas sepeda pancal. Selain itu giat ini dapat meningkatkan kesehatan dan menjaga imunitas. Karena kita sadari masih dalam situasi dan kondisi wabah Covid 19,” jelasnya

Selain itu Habib Hadi juga merasa senang dan bahagia, pasalnya, giat ini diikuti bareng wakilnya. “Alhamdulillah, saya dengan wakil ikut bersama-sama panitia KIM Kaber Bing Berek. Atas nama pemerintah dengan masyarakat harus tercipta hubungan sinergi saling mengisi satu dengan lainnya,” ucapnya.

Menurutnya dengan pola komunikasi yang tercipta antara warga dengan pemerintah, bisa direspon secara cepat apa yang menjadi aspirasi masyarakat. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kedopok, karena dalam kepemimpinannya yang masih berjalan tahun kedua, sudah bisa merealisasikan pembangunan rumah sakit baru di kawasan Jalan Profesor Hamka.

“Alhamdulillah rumah sakit sudah mulai dibangun. Doakan lancar ya. Insyaallah akan selesai pada tahun 2022 secara fisik (infrastrukturnya), tinggal mengisi alat kesehatannya. Mudah-mudahan semuanya lancar. Karena komitmen kami adalah untuk kemaslahatan Kota Probolinggo khususnya, maupun warga di sekitar Kota Probolinggo ” harapnya diikuti tepuk tangan penggowes.

Terkait amanah yang diemban Wali Kota, Habib Hadi mengutarakan keinginannya agar masyarakat harus tahu atas kinerjanya yang bukan main-main. “Jangan dibilang pamer. Bukan pamer, kewajiban saya untuk menyampaikan apa yang menjadi program prioritasnya,” ujarnya.

Usai gowes, Wali Kota Habib Hadi dan Wawali Subri membagikan 10 karung beras premium, kemasan 3 kilo gram. Dalam kesempatan itu hadir pula Sekcam Kedopok, Eko Candra Wirawan, Danramil Wonoasih, Kapten Abu Kuswari, anggota DPRD, Machrus Ali, Babinsa Kelurahan Jrebeng Kulon, Sersan Agus Purnomo. (geo/mzm)