Connect with us

Pemerintahan

Kepala BNPT Apresiasi Produk Usaha Milik Mantan Napiter

Diterbitkan

||

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Ammar beri apresiasi Napiter yang berhasil menjalani deradikalisasi.
Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Ammar beri apresiasi Napiter yang berhasil menjalani deradikalisasi.

Memontum Malang – Kepala Badan Nasional Penggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Boy Rafli Ammar, melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Jawa Timur, yang merupakan titik merah rawan teroris. Salah satu tempat yang menjadi jujugan, yakni di Kabupaten Malang atau persisnya di Bukit Cemara Tujuh, Kecamatan Dau.

Dalam kunjungannya itu, Boy Rafli mengapresiasi salah satu karya mantan Narapidana Teroris (Napiter), Syahrul Munif. Yang bersangkutan, kini telah membuka sebuah produk usaha permen, yakni Calyna Candy.

Syahrul Munif sendiri, sebelumnya merupakan warga Binaan Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Sentul, Jawa Barat pada tahun 2017. Dirinya menghirup udara bebas sekitar tahun 2019.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018, BNPT mempunyai kewajiban untuk mendampingi program kemandirian mantan Napiter. Karenanya, kegiatan monitoring kewirausahaan mitra deradikalisasi juga dihadiri oleh 17 wirausaha yang juga merupakan mantan warga binaan.

“Saya sangat gembira dengan apa yang telah mereka lakukan. Kita juga akan terus memberi semangat untuk ke depan. Agar program ini lebih bagus produksinya dan terstruktur. Distribusi pun bisa diorganisir dengan baik sehingga bisa menjangkau lebih luas dan memiliki nilai ekonomi,” kata Boy Rafli, Senin (26/10) tadi.

Ditambahkan, ini menjadi salah satu harapan BNPT dan dapat menunjang kesejahteraan para mitra yang menjadi derasikalisasi yang ada di berbagai daerah. Khususnya, di wilayah Jawa Timur.

“Saya ucapkan selamat dan sukses kepada Syahrul Munif. Kita akan terus melakukan pendampingan dan menjembatani kepada pihak pusat seperti kementrian lembaga yang mempunyai program yang bisa mendukung UMKM,” tambahnya.

BNPT juga berharap, untuk teman-teman mitra deradikalisasi bisa merasakan langsung hal-hal yang bermanfaat bagi dirinya. Di dalam program reintegerasi kepada masyarakat, karena semua ini perlu pendampingan.

“Presentasi keberhasilan BNPT dalam mendampingi mantan warga binaan ini sudah mencapai 70 persen lebih. Semoga ke depan juga bisa lebih naik lagi,” pungkasnya. (riz/sit)