Connect with us

Kota Malang

Koperasi MNT Gelar Penanaman Seribu Pohon Cavendish

Diterbitkan

||

Penanaman pohon pisang jenis cavendish yang digelar Koperasi MNT di Jalan Pelabuhan Tanjung Perak Rt 07 Rw 01, Bakalan Krajan, Kecamatan Sukun, Kota Malang.
Penanaman pohon pisang jenis cavendish yang digelar Koperasi MNT di Jalan Pelabuhan Tanjung Perak Rt 07 Rw 01, Bakalan Krajan, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Memontum Kota Malang – Bertempat di Jalan Pelabuhan Tanjung Perak Rt 07 Rw 01, Bakalan Krajan, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Koperasi Multidaya Nusantara Tiga (MNT), menggelar kegiatan penanaman pohon Pisang Cavendish, Selasa (27/10) tadi.

Kegiatan yang bertujuan untuk membantu peningkatan ketahanan pangan itu, juga bertujuan untuk mengajak masyarakat menggunakan lahan untuk ditanami pohon.

“Tujuan dari kegiatan ini, itu untuk mengajak dan mendorong masyarakat agar lebih banyak yang peduli dengan lahan kosong di sekitar. Sehingga, tanah tidak ditinggalkan sampai tandus atau jangan sampai dijadikan lahan pabrik,” ujar Ketua Lembaga Koperasi Multidaya Nusantara Tiga (MNT) Malang Raya, Sujadi.

Ditambahkan Sujadi, terkait pemilihan pohon pisang Cavendish sebagai bibit yang ditanam, itu dikarenakan nilai jual di pasar yang tinggi dan banyak yang menyukai pisang itu. Sementara dalam perawatannya, juga sangat mudah.

“Buah dari tanaman ini, kandungan vitaminnya banyak. Disamping itu, juga lebih tahan lama buahnya dan juga mudah menanamnya,” terangnya.

Masih menurut dirinya, untuk sistem tanam, yang digunakan adalah dengan menggunakan metode biosfer dan infus water. Di mana, tanaman fungsi dari biosfer tersebut adalah untuk menyimpan air dan air digunakan untuk memenuhi kebutuhan air dari pohon pisang.

“Cara tersebut bisa dibilang cukup mudah. Apalagi, buat orang-orang yang malas untuk ngecek tanaman pisangnya. Kalau memasuki musim hujan, pupuk tersebut merubah zat unsur hara dan merubah zat asam hujan jadi oksigennya tumbuhan,” paparnya dengan detail.

Saat ini, tambahnya, masih ada sekitar 500 pohon yang siap ditanam. “Hasil dari penanaman ini, nanti hasil panennya kita beli. Kalau ada yang menanam 1000, akan kami ambil dan beli hasil panennya,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, yang turut hadir dan menanam pohon pisang, sangat menyambut baik langkah tersebut. Apalagi, gebrakan yang dilakukan dengan memanfaatkan lahan kosong menjadi lebih produktif.

“Alhamdulilah, sekarang sudah dicanangkan. Semoga delapan bulan lagi bisa segera panen,” ujar Wakil Wali Kota Malang. (mg1/sit)