Connect with us

Pemerintahan

Gubernur Jatim Kunjungi Petani Buah hingga Beri Bantuan Masker

Diterbitkan

||

Khofifah Indar Parawansa petik buah mangga alpukat di salah satu kebun milik petani. 
Khofifah Indar Parawansa petik buah mangga alpukat di salah satu kebun milik petani. 

Memontum Pasuruan – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, melakukan kunjungan ke salah satu kebun milik petani mangga alpukat di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (31/10) tadi.

Kunjungan orang nomor satu di pemerintah Provinsi Jatim itu, selain untuk menikmati masa panen buah Alpukat atau buah yang menjadi buah khas Kabupaten Pasuruan, juga untuk memberikan bantuan masker dan sembako, kepada warga sekitar.

Dalam kunjungannya itu, Gubernur juga didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jatim, Heru Tjahjono. Sementara di lokasi kebun, Gubernur bersama warga atau pengunjung, langsung menikmati panen Alpukat dari pohonnya.

Disampaikan Gubernur Jatim, mangga alpukat adalah salah satu komoditas buah unggulan di Jawa Timur. Yang mana, saat ini menjadi tren di kalangan pecinta buah tanah air.

Selain rasanya yang legit dan tekstur buah yang bagus, cara makan mangga alpukat, pun menurut Khofifah sangat unik. Karena, tak perlu dikupas sampai terlihat daging buahnya. Tetapi, cukup diiris di bagian tengah kemudian diputar hingga terbelah dua dan dimakan dengan menggunakan sendok.

“Cukup higienis, karena kita tak perlu menggunakan sarung tangan atau alat bantu lain. Cukup dibelah, diputar dan dimakan dengan sendok,” ujarnya.
Di hadapan petani buah, Khofifah menyampaikan, akan membantu dalam memperluas jaringan ekspor. Sehingga, mangga alpukat semakin dikenal luas di seluruh wilayah tanah air maupun luar negeri.

“Varietas mangga di Indonesia, sesungguhnya memiliki tingkat keunggulan yang luar biasa. Seperti mangga alpukat dari Kabupaten Pasuruan ini. Cara mengupasnya yang berbeda dan ini yang bisa dijual. Mudah mudahan menjadi bagian dari ikhtiyar penguatan kepada petani mangga. Kita akan membangun akses market hingga ekspor. Sehingga, ketika musim mangga seperti sekarang, harga jualnya tidak jatuh,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, selain panen juga memberikan bantuan sedikitnya 5 ribu masker dan 150 paket bantuan sembako kepada warga sekitar Desa Wonokerto. Bantuan itu, diberikan setelah Gubernur Jatim melakukan gowes bersama para petani mangga alpukat. (kom/sit)