Connect with us

Hukum & Kriminal

Tukang Ojek Jadi Korban Penipu, Motor Dibawa Kabur

Diterbitkan

||

Aksi pelaku terekam kamera CCTV. (gie)
Aksi pelaku terekam kamera CCTV. (gie)

Memontum Kota Malang – Hati-hati dengan banyaknya modus kejahatan penipuan. Jangan mudah percaya dan jangan pernah meminjamkan barang berharga kepada orang tak dikenal. Sebab biasanya pelaku kejahatan juga berpura-pura baik dan sopan agar aksi tipu-tipunya berjalan lancar.

Seperti halnya dialami oleh Indra (55) tukang ojek, warga Jl Raya Gadang, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Motor Honda Beat Nopol N 5028 BAM miliknya hilang di bawa penipu pada Senin (2/11/2020) siang.

Pelaku meminjam motor tersebut di sebuah dealer motor di kawasan Gadang dengan alasan untuk mengambil uang. Namun pelaku menghilang membawa motor tersebut. Wajah pelaku sempat terekam di CCTV dan viral di media sosial Facebook.

Informasi Memontum.com menyebutkan bahwa siang itu saat korban sedang mangkal di pangkalan ojek Gadang didatangi oleh pelaku tak dikenal. Pelaku kemudian meminta diantar ke sebuah dealer motor di kawasan Gadang untuk beli motor.

Karena tidak ada firasat buruk, korban kemudian mengantarkannya ke dealer yang dituju oleh pelaku. Sesampainya di dealer pelaku memilih-milih motor dan meminta korban untuk menunggunya.

Namun setelah menentukan motor yang hendak dibeli, pelaku beralasan lupa membawa uang. ” Ketika mau membayar, pelaku mengatakan lupa membawa uang,” ujar Lusi Arqah, anak korban.

Dengan alasan untuk mengambil uang ke istrinya, pelaku kemudian meminjam motor milik korban. Lagi-lagi karena tidak ada firasat buruk, korban pun meminjamkan motornya. “Bapak saya ditinggal di dealer dan motornya dipinjam pelaku,” ujar Lusi.

Namun setelah ditunggu sekian lama, pelaku tidak kunjung datang mengembalikan motor. Setelah 2 jam berlalu, korban pun tersadar telah menjadi korban penipuan.

“Entah apa yang dipikirkan oleh pelaku kok tega sekali. Padahal pelaku tahu kalau bapak saya ini tukang ojek, motornya juga dipakai setiap hari. Seharusnya kan kasihan melihat bapak saya. Motor tersebut digunakan bapak saya untuk mencari nafkah sehari-hari. Mohon untuk dikembalikan,” ujar Lusi.

Adapun ciri-ciri pelaku berbedan kurus, kulit hitam, gigi goang, ada kuncir rambut, betbaju merah hitam, celana putih dan bertopi hitam. Kejadian ini akan segera dilaporkan ke petugas kepolisian untuk menindak lanjuti kasus ini. (gie)