Connect with us

Pemerintahan

Pemkab Malang Tekankan Prioritas Lima Pembangunan

Diterbitkan

||

Pemkab Malang Tekankan Prioritas Lima Pembangunan - Dalam rapat paripurna dengan DPRD Kabupaten Malang
Pemkab Malang Tekankan Prioritas Lima Pembangunan

Dalam rapat paripurna dengan DPRD Kabupaten Malang

Memontum Malang – Rapat paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Malang, dihadiri langsung Pjs Bupati Malang, Drs Sjaichul Ghulam dan Plt Ketua DPRD Kabupaten Malang, Sodikul Amin, bersama Wakil Ketua DPRD dan anggota DPRD Kabupaten Malang, Kamis (5/11) tadi. Dalam pembahasan itu, terkait dalam mewujudkan Kabupaten Malang yang sejahtera dan berdaya saing tinggi melalui pengembangan pembangunan Ekonomi daerah pada sektor Pariwisata dan lingkungan hidup.

“Kita ketahui bersama, kebijakan pembangunan Kabupaten Malang di tahun 2021, telah disusun dengan memperhatikan seluruh kemampuan potensi daerah yang memberikan tantangan dan peluang dalam menjalankan proses pembangunan di tahun 2021,” ujar Pjs Bupati Malang, Sjaichul Ghulam.

Dalam proses pembangunan ini, tambah Abi Ghulam-sapaan Pjs Bupati Malang, kita akan menggunakan pendekatan teknokratik, partisipatif, politis, top down dan bottom up. Itu akan diawali dengan penyelenggaraan Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) mulai dari desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi hingga nasional.

“Seperti yang kita ketahui, mewujudkan Kabupaten Malang yang sejahtera, kita menetapkan prioritas lima pembangunan daerah di tahun 2021,” tambahnya.

Diuraikannya, seperti peningkatan kualitas SDM melalui pelayanan pendidikan dan kesehatan, peningkatan infrastruktur yang merata, peningkatan tata kelola pemerintahan dan kualitas pelayanan publik. Lalu, peningkatan nilai tambah ekonomi melalui ekonomi yang berbasis pertanian, industri, pariwisata dan peningkatan kualitas hidup serta mitigasi bencana,” ungkapnya.

Dari 5 prioritas tersebut, lanjut Ghulam, tentu akan memberikan arahan dalam penyusunan program dan kegiatan pada masing-masing rencana kerja anggaran daerah. Ini diharapkan anggaran yang tersedia dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien.

“Di rapat ini, saya juga akan menandatangani nota kesepakatan antara DPRD dan Pjs Bupati Malang, guna perubahan program pembentukan daerah tahun 2020 dan program pembentukan daerah tahun 2021,” imbuhnya. (riz/sit)