Connect with us

Pendidikan

UB Munculkan Wisudawan Termuda

Diterbitkan

||

UB Munculkan Wisudawan Termuda
UB Munculkan Wisudawan Termuda

Memontum Kota Malang – Salah satu Wisudawan Universitas Brawijaya (UB), tengah menjadi buah bibir. Adalah Rivaldo Brahmantio Hardani, S. ked, yang menjadi bahan pembicaraan karena telah menjadi wisudawan termuda di Fakultas Kedokteran (FK) UB di Tahun 2020.

Rivaldo menceritakan, saat duduk dibangku SMP dan SMA, dirinya mengikuti program akselerasi. Sehingga, mampu melanjutkan pendidikan di FK UB saat berusia 15,5 Tahun dan lulus pada usia 19 tahun.

“Dulu saat SMP dan SMA, saya ikut akselerasi selama 2 tahun. Jadi, bisa cepet kuliahnya dan sekarang bisa lulus. Alhamdulillah,” terang remaja kelahiran Balikpapan.

Selain itu, diketahui bahwa Rivaldo merupakan wisudawan dengan bebas sidang skripsi. Itu karenanya, dirinya pernah mengikuti lomba Saintific di Universitas Hasanudin, Makassar, tingkat Nasional dan mendapat juara 1.

“Kalau pernah mengikuti lomba dan mendapat juara 1 tingkat nasional dan mendapat juara 1, 2 atau 3 ditingkat Internasional, ” imbuhnya.

Lebih lanjut, Rivaldo menjelaskan bahwa ia memang sering mengikuti lomba-lomba baik secara nasional maupun internasional. Sebelumnya, juga pernah mengikuti lomba di Jember, untuk tingkat nasional.

“Saya di Universitas Hasanuddin itu mengirimkan dua proposal. Alhamdulillah, berhasil mendapat juara 1 dan 2. Kaget sekali dan tidak menyangka,” kata Rivaldo.

Remaja kelahiran bulan September tersebut mempunyai alasan tersendiri, terkait kecintaannya untuk mengikuti lomba. Pertama adalah karena suka dan menurutnya, dengan mencoba banyak hal, akan semakin banyak pengalaman dan ilmu yang didapat.

“Selain itu, juga bisa jalan-jalan, keliling-keliling biar tidak melulu di kota sendiri. Dapat kenalan baru, ” ungkapnya.

Dirinya berharap, langkah yang sudah dijalaninya, juga mampu ditiru atau diikuti oleh mahasiswa lain. Sehingga, kedepannya banyak teman-temannya yang lain untuk berani mencoba semua hal. “Tidak perlu ragu atau takut lagi, tetap semangat. Apalagi masih di usia muda, masih banyak kesempatan. Jadi, kita harus mencoba-coba dan coba terus,” ujar Rivaldo memotivasi. (mg1/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *