Connect with us

Pemerintahan

Pemkab Malang Beri Tali Asih Veteran

Diterbitkan

||

Penyerahan tali asih kepada perwakilan veteran.
Penyerahan tali asih kepada perwakilan veteran.

Peringati Hari Pahlawan, Gelar Upacara dan Tabur Bunga

Memontum Malang – Bertempat di halaman Pendopo Kabupaten Malang di Jalan Panji, Kecamatan Kepanjen, Perintah Kabupaten Malang bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Malang, menggelar upacara peringatan ke 75 Hari Pahlawan, Selasa (10/11) pagi.

Selain melaksanakan upacara peringatan, Pemkab Malang juga memberikan tali asih kepada perwakilan veteran yang berada di Kabupaten Malang.

Pelaksanaan penyerahan tali asih, dipimpin langsung Pjs Bupati Malang, Sjaichul Ghulam. Sementara usai pelaksanaan rampung, kegiatan diteruskan dengan melakukan tabur bunga dan doa bersama di Taman Makam Pahlawan (TMP) Untung Suropati di Ibu Kota Kepanjen.

“Hari Pahlawan ini kiranya tidak hanya sekedar mengingat jasa pahlawan saja. Namun, lebih melihat kepada perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Abi Ghulam-sapaan Pjs Bupati Malang, Selasa (10/11).

Masih menurut Pjs Bupati, selain mengenang dan mengingat jasa pahlawan, semua masyarakat harusnya mendedikasikan dan melanjutkan perjuangan dengan konteks yang berbeda.

“Tema peringatan kali ini, ‘Pahlawanku Sepanjang Masa’. Artinya, apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka. Jika saat ini, kita harus berjuang melawan berbagai masalah bangsa, seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan termasuk melawan Covid-19,” ungkapnya.

Meski dalam masa pandemi Covid-19, ujar Abi Ghulam, peringatan ini tentu diharapkan dapat berlangsung dengan khidmat dan tidak kehilangan makna sesungguhnya. Sehingga, dapat memberikan sebuah energi tambahan agar bisa menggugah masyarakat untuk bersatu dalam menghadapi segala permasalahan yang sedang dihadapi saat ini.

“Nilai-nilai kepahlawanan seperti percaya kepada Tuhan YME, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu dan bergotong royong, perlu terus dipupuk. Sehingga, dapat tumbuh bersama dengan subur,” ujarnya. (riz/sit)