Connect with us

Kabupaten Malang

Kabupaten Malang Raih Juara Umum BUMDes Award 2020

Diterbitkan

||

Ke lima BUMDes asal Kabupaten Malang yang dapat penghargaan dalam ajang BUMDes Award 2020 yang digelar dalam rangka Dies Natalis ITS.
Ke lima BUMDes asal Kabupaten Malang yang dapat penghargaan dalam ajang BUMDes Award 2020 yang digelar dalam rangka Dies Natalis ITS.

Memontum Malang – Raihan gemilang ditunjukkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di wilayah Kabupaten Malang. Sebanyak lima BUMDes di bawah binaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), berhasil membawa pulang juara dan sekaligus menempatkan Kabupaten Malang sebagai juara umum, dalam pelaksanaan BUMDes Award 2020, yang diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis ke-60 ITS.

Ke lima BUMDes tersebut, masing-masing BUMDes Amanah Kecamatan Pagelaran, BUMDes Kerto Raharjo Kecamatan Turen, BUMDes Tawang Sari Kecamatan Gondanglegi, BUMDes Mekar Maju Mulyo Kecamatan Tajinan dan BUMDes Rukun Makmur Kecamatan Singosari.

Penganugerahan sendiri, disampaikan oleh Wakil Gubernur Jatim kepada Direktur Bumdes pada 11 November 2020 di Gedung Rektorat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Kepala DPMD Kabupaten Malang, Suwadji, menjelaskan bahwa tahapan penilaian BUMDes Award 2020 dilakukan sejak Agustus lalu. Kabupaten Malang sendiri, mendaftarkan sebanyak tujuh BUMDes untuk mengikuti pelaksanaan tersebut.

“Alhamdulillah, hasilnya ada lima BUMDes yang berhasil menjadi juara. Bahkan, menempatkan Kabupaten Malang sebagai juara umum,” kata Suwadji kepada Memontum.com, Kamis (12/11) tadi.

Dengan prestasi ini, tambah mantan Camat Lawang, semoga bisa menjadi motivasi dan inspirasi untuk BUMDes yang lain di Kabupaten Malang. Sehingga, masing-masing BUMDes bisa dan mampu mengembangkan ekonomi lokal. Yang sudah barang tentu, juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membuka lapangan kerja baru di desa.

“Semoga prestasi ini menjadi semangat untuk BUMDes yang lain. Sehingga, akan mendongkrak ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di setiap desa,” tegasnya.

Menyinggung soal BUMDes, Suwadji mengurai, dari total 378 desa di Kabupaten Malang, 302 desa sudah terbentuk dan memiliki BUMDes. Sisanya, masih dilakukan pendampingan yang tujuannya agar di tahun ini, segera memiliki badan usaha milik desa.

“Dari total 302 BUMDes yang ada, 79 diantaranya masuk dalam kategori BUMDes Maju, 201 masuk kategori BUMDes Berkembang dan sekitar 22 BUMDes masuk kategori rintisan atau baru berdiri,” terangnya.

Pemakai kategori tersebut, imbuhnya, sesuai dengan perkembangan dan evaluasi di lapangan. Seperti BUMDes Maju, itu karena keberadaannya sudah memberikan kontribusi untuk Pendapatan Asli Desa (PADes). Di samping, seperti sudah bisa membuat atau membuka lapangan kerja untuk masyarakatnya. (sit)