Connect with us

Pendidikan

Polinema Berhasil Raih Sertifikat Allplan

Diterbitkan

||

Polinema Berhasil Raih Sertifikat Allplan

Memontum Kota Malang – Jurusan Teknik Sipil (JTS) Politeknik Negeri Malang (Polinema), berhasil mendapatkan sertifikat Allplan dari Nemetschechk, pada Jumat (13/11) kemarin. Seritifikat itu, merupakan sebuah sertifikat dari perusahaan asal Munich, Jerman, yang merupakan vendor software untuk arsitek, insinyur dan industri kontruksi.

Kepala Prodi (Kaprodi) Manajemen Rekayasa Kontruksi, Wahidin, ST., MT., mengatakan bahwa perusahaan Nemetscheck mengembangkan dan mendistribusikan perangkat lunak untuk perencanaan, perancangan, pembangunan dan pengelolaan gedung dan real estat.

“Sedangkan Allplan sendiri, merupakan salah satu produk software yang mendukung Building Information Modeling (BIM),” kata Wahidin, Sabtu (14/11) tadi.

Ditambahkannya, BIM merupakan konsep yang digunakan dalam pembangunan gedung negara. Hal tersebut, sesuai dengan Peraturan Menteri PUPR No. 22/PRT/M/2018 Tahun 2018.

“Dengan mendapatkan Certified Training Center (CTC) maka, Polinema dapat menyelenggarakan training kepada umum dan mahasiswa. Sehingga, mahasiswa ketika lulus mendapatkan sertifikat kompetensi Allplan,” imbuh Wahidin.

Lebih lanjut dirinya menambahkan, salah satu persayaratan untuk dapat menyelenggarakan training dan mengeluarkan sertifikat kompetensi itu, adalah minimal tiga orang dosen lulus sertifikasi Allplan. “Enam orang dosen JTS mengikuti Training of Trainer (ToT) selama 104 jam. Enam dosen tersebut lulus tes akhir dan berhasil mendapatkan sertifikat kompetensi Allplan,” terangnya.

Selain sertifikat kompetensi dari Allplan, ujar Wahidin, beberapa dosen JTS telah memiliki sertifikat yang juga mendukung BIM. Seperti Kompetensi Tekla Structures dan Autodesk.

Masih menurut Wahidin, bahwa tahun ini Polinema melakukan sertifikasi kompetensi pada Program pengembangan SDM, yang dilaksanakan oleh Ditjen Pendidikan Vokasi dan akan mengembangkan kurikulum yang mendukung implementasi BIM. “Dengan adanya CTC ini, materi BIM akan dijadikan materi perkuliahan. Bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan akan mendapatkan sertifikat kompetensi Allplan,” terangnya. (mg1/sit)