Connect with us

Kabar Desa

Pemdes Curungrejo Kembangkan Wisata RTH

Diterbitkan

||

Pemdes Curungrejo Kembangkan Wisata RTH
Pemdes Curungrejo Kembangkan Wisata RTH

Memontum Malang – Beberapa desa di wilayah Kabupaten Malang, mulai mengembangkan potensi desa masing-masing. Seperti Desa Curungrejo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, saat ini sedang mengembangkan destinasi wisata Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang digagas oleh Pemerintah Desa.

“Konsepnya sendiri, yakni sebuah destinasi taman tanaman. Seperti, jeruk, durian dan sayur sayuran,” ujar Kepala Desa Curungrejo, Sujud, Minggu (15/11) tadi.

Pengembangan destinasi wisata tersebut, diharapkan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes). Di mana, saat ini pemanfaatan potensi desa pun juga sedang digalakkan guna meningkatkan pendapatan masyarakat.

Sementara itu, tanaman-tanaman hijau sudah mulai ditanam di atas lahan dari kas desa seluas 2 hektar. Target dari pemerintah desa sendiri, sekitar 3 tahun akan bisa membuahkan hasil bagi masyarakat sekitar.

“Destinasi RTH ini dikelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang nantinya selain lahan hijau juga akan ada cafe yang saya bangun sendiri,” tambahnya.

Sujud menambahkan, konsep destinasi wisata RTH ini sudah diajukan kepada DPRD Kabupaten Malang dan Dinas Cipta Karya Kabupaten Malang, sejak tahun 2019 lalu dengan suntikan dana sebesar Rp 108 juta.

“Tapi karena pandemi Covid-19, dana tersebut tidak jadi dikucurkan. Semoga setelah pandemi bisa segera kita terima,” tutupnya. (riz/sit)