Connect with us

Hukum & Kriminal

Diduga Sakit Prostat Tak Kunjung Sembuh, Usman Nekat Gantung Diri

Diterbitkan

||

Jenazah Usman saat dievakuasi untuk selanjutnya dibawa ke kamar mayat RSSA Malang. (ist)
Jenazah Usman saat dievakuasi untuk selanjutnya dibawa ke kamar mayat RSSA Malang. (ist)

Memontum Kota Malang – Usman (74), seorang pengemis yang tinggal di rumah bedeng Jl Kyai Tamin, Gang I, Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Minggu (15/11/2020) pukul 20.00 WIB, ditemukan dalam kondisi tewas gantung diri. Jenazah nya pertama kali ditemukan oleh relawan yang rutin memberikan makanan kepada korban.

Kejadian ini selanjutnya dilaporkan ke Polsekta Klojen hingga petugas bersama tim Inafis Polresta Malang Kota mendatangi lokasi kejadian. Saat itu kondisi korban masih mengantung tali warna hijau di balik pintu rumah. Jenazah korban kemudian dibawa ke kamar mayat RSSA Malang.

Informasi Memontum.com bahwa sehari-harinya Usman memiliki anak angkat bernama Yulia (14). Usman merawat Yuli sejak umurnya masih 6 tahun setelah ditinggal ibunya meminggal dunia. Sejak setahun ini Usman menderita Prostat yang tidak kunjung sembuh.

Pada 12 November 2020, Usman meminta tolong Supartinah (45) penjual kopi keliling untuk merawat Yulia. Hal itu dilakukan oleh Usman karena dirinya sudah tua dan tidak sanggup lagi membiayai hidup Yulia. Selain itu sejak setahun ini dirinya juga menderita sakit Prostat.

Mendapat amanah tersebut, Supartinah pun menyetujuinya untuk merawat Yulia. Apalagi dia juga tinggal tak jauh dari rumah bedeng Usman. Sejak saat itu Yulia pun dirawat oleh Supartinah.

Pada, Minggu (15/11) pukul 14.30 WIB, Yulia berkunjung ke rumah Usman. Saat itu Usman baik-baik saja. Kemudian Yulia baru pulang ke rumah ibu angkatnya sekitar pukul 15.00 WIB. Namun sekitar pukul 19.30 WIB. Saat relawan datang ke rumah Usman untuk mengantar makanan namun tidak ada jawaban dari dalam rumah.

“Saat itu saya mendatangi rumah korban memberitahukan bahwa ada orang mengantar makanan. Dari sela-sela pintu tangan korban terlihat namun tidak menjawab panggilan saya,” ujar Supartinah.

Karena curiga, Supartinah meminta tolong Parto, tukang becak untuk mengecek kondisi Usman. Saat pintu didobrak diketahui Usman sudah dalam kondisi tewas gantung diri di balik pintu rumahnya. Saat itu kondisi nya telanjang dan sudah dalam kondisi tak bernyawa.

Kejadian itu membuat geger warga sekitar hingga mendatangi lokasi kejadian. Petugas Polsekta Klojen dan Polresta Malang Kota melakukan penyelidikan di lokasi kejadian. Tidak ada tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban hingga dugaanya Usman tewas murni gantung diri.

Kapolsek Klojen AKP Akhmad Fani Rakhim SIK saat dikonfirmasi Memontum.com membenarkan adanya kejadian ini. “Saat ini korban sudah dibawa ke kamar jenazah RSSA Malang,” ujar AKP Fani. (gie)