Connect with us

Pemerintahan

Pelayanan ‘Nastar’ RSUD dr Soedomo Trenggalek Raih Penghargaan

Diterbitkan

||

Pjs Bupati Trenggalek Pjs Bupati Benny Sampirwanto (no.2 dari kanan) saat menerima penghargaan di Kota Batu.
Pjs Bupati Trenggalek Pjs Bupati Benny Sampirwanto (no.2 dari kanan) saat menerima penghargaan di Kota Batu.

Memontum Trenggalek – Kabupaten Trenggalek kembali mengukir prestasi membanggakan. Kali ini kabupaten di ujung selatan itu menerima dua penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui inovasi pelayanan publik.

Pertama adalah pelayanan di RSUD dr Soedomo Kabupaten Trenggalek dengan inovasi ‘Nastar’ yang merupakan akronim dari Nunggu Asyik Nambah Ilmu dan Tidak Stres.

Inovasi ‘Nastar’ Kaya Manfaat RSUD dr Soedomo ini masuk dalam Top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Pemprov Jatim. Inovasi ini merupakan salah satu layanan penunjang di RSUD setempat bagi para pasien dan keluarganya agar bisa mengisi waktu saat antre di rumah sakit.

Penghargaan yang kedua, kabupaten yang terletak pesisir selatan Jawa Timur itu juga menjadi harapan 1 Kompetisi Kelompok Budaya Kerja (KBK) Kategori Pelayanan Administrasi. Penghargaan ini diberikan kepada Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Trenggalek.

Pjs Bupati Benny Sampirwanto, usai menerima penghargaan, mengucapkan terima kasih kepada para pegawai dan pejabat di lingkungan Pemkab Trenggalek. “Terima kasih atas dedikasinya yang bisa memberikan nama baik bagi Kabupaten Trenggalek,” ucap Pjs Bupati Trenggalek, Benny Sampirwanto Senin (16/11/2020) pagi.

Menurut Pjs Benny dengan diraihnya dua penghargaan ini tentu menjadikan Kabupaten Trenggalek menjadi spesial, sebab tak seluruh kabupaten/kota di Jatim memperolehnya. Ia berharap, penghargaan ini bisa menjadi pelecut para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk terus berinovasi dalam bekerja.

“Penghargaan memang bukan tujuan. Kita bekerja tidak untuk mendapatkan ini. Tetapi, ini penghargaan sebagai hadiah dari kerja keras kita,” imbuhnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Kadis Kominfo Provinsi Jawa Timur ini juga mengajak para ASN untuk terus memberi layanan terbaik kepada masyarakat. “Peningkatan pelayanan adalah cara menjawab tantangan di zaman birokrasi,” kata Pjs Benny.

Sementara itu Direktur RSUD dr Soedomo Trenggalek, dr Sunarto mengungkapkan tujuan dari inovasi ‘Nastar’ ini agar bisa mengurai kejenuhan pasien maupun penunggu pasien.

“Saat pasien maupun pengantar pasien menunggu di ruang tunggu, kami dari pihak RSUD akan memberikan edukasi baru dan menarik terkait kesehatan. Agar mereka tidak merasa jenuh menunggu,” jelas dr Sunarto.

Pihaknya berharap inovasi Nastar yang ada di RSUD dr Soedomo Trenggalek ini bisa semakin kaya manfaat, meningkatkan mutu pelayanan dan menjaga serta memelihara kesehatan pasien. (mil/syn)