Connect with us

SEKITAR KITA

DPMD Malang Gelar Pembinaan Kades

Diterbitkan

||

DPMD Malang Gelar Pembinaan Kades - Libatkan kejaksanaan, kepolisian, Inspektorat hingga BKAD
DPMD Malang Gelar Pembinaan Kades

Libatkan kejaksanaan, kepolisian, Inspektorat hingga BKAD

Memontum Malang – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang, menggelar pembinaan Kepala Desa tahun 2020, Senin (16/11) tadi. Acara yang digelar di salah satu hotel di Kota Malang itu, menghadirkan sejumlah pihak sebagai nara sumber. Diantaranya, seperti dari Kejaksanaan Negeri (Kejari) Kepanjen, Polres Malang, Inspektorat Kabupaten Malang, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Bagian Hukum hingga Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Malang.

Kepala DPMD Kabupaten Malang, Suwadji, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dalam rangka pembinaan Kades (Kepala Desa) untuk peningkatan kapasitasnya dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pengelolaan keuangan desa dan pelayanan kepada masyarakat. Dengan adanya pembinaan tersebut, Kepala Desa diharapkan kian mantab dalam menjalankan fungsinya di masyarakat. Apalagi, dalam pelaksanaan ini juga turut mengundang Camat di seluruh Kabupaten Malang.

“Dengan pembinaan ini, kapasitas Kades-kades di Kabupaten Malang, kian meningkat. Karena bagaimana pun, pembinaan ini bisa menjadi penyegaran dan pendalaman pemahaman dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi). Karenanya, pemateri dalam pelatihan ini cukup banyak,” kata Suwadji.

Ditambahkan mantan Camat Kepanjen ini, dengan adanya pembinaan, harapannya Kades-kades pun juga paham tentang tuntutan yang ada di masyarakat sekarang ini. Yakni, permintaan tentang layanan cepat dan itu perlu respon dari kepala desa.

“Salah satu alasan mengapa dalam pembinaan ini turut menghadirkan camat-camat, karena mereka sebagai pembina penyelenggaraan pemerintah desa. Termasuk, sebagai pendamping, pengawas dan evaluasi. Jadi, ada keterkaitan yang erat antara Kades dan Camat,” imbuhnya kepada Memontum.com, Senin tadi.

Disinggung mengenai pelaksanaan pembinaan, Suwadji menjelaskan, dibagi dalam dua gelombang. Untuk tahap pertama atau Senin, meliputi kades-kades di 17 kecamatan di Kabupaten Malang.

“Sedangkan untuk hari ke dua, peserta kades-kades di 16 kecamatan beserta camat masing-masing,” imbuhnya. (sit)