Connect with us

Lumajang

Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi Mengapresiasi Pengembangan Ranupani

Diterbitkan

||

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq bersama Deputi Kemenko Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Nani Hendriati.
Bupati Lumajang, Thoriqul Haq bersama Deputi Kemenko Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Nani Hendriati.

Pengelolaan Pendakian Berbasis Sistem

Memontum Lumajang – Ranupani merupakan tempat transit pendakian ke Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Hal itu, merupakan sebuah potensi yang perlu dimaksimalkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Untuk memberikan kemudahan akses pendaftaran pendakian, Pemerintah Kabupaten Lumajang, telah menjalin kerjasama dengan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), terkait pengelolaan pendakian berbasis sistem.

Uraian itu, disampaikan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, saat menerima kunjungan kerja Deputi Bidang Koordinasi Lingkungan dan Kehutanan, Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Nani Hendriati.

Kunjungan ke Ranupani, dalam rangka survei lapangan di Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Selasa (17/11) tadi.

“Pendakian ke Gunung Semeru ini by system sudah dimulai. Saya berharap, by system ini menjadi terbaik yang ada di Indonesia. Karena kami juga akan lengkapi fasilitas pendukungnya, untuk itu kami sudah berkoordinasi dengan TNBTS,” terang Bupati yang akrab disapa Cak Thoriq.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati juga menyampaikan rencana terkait revitalisasi kawasan Ranupani. Sebagai langkah awal, Bupati akan mengajak masyarakat, khususnya para pecinta alam untuk pengerukan Danau Ranupani. Itu dilakukan, untuk memupuk rasa memiliki dan ikut menjaga ekosistem alam.

Dirinya juga telah menyiapkan, rangkaian kegiatan pendukung untuk mendatangkan wisatawan di Ranupani. Salah satunya, Konser Mahameru Akustik, yang dalam perencanaanya didukung dengan fasilitas amplitheater.

Deputi Bidang Koordinasi Lingkungan dan Kehutanan, Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Nani Hendriati, mengaku takjub dengan pemandangan yang ada di Kawasan Ranupani. Menurutnya, hal itu menjadi potensi luar biasa pada sektor pariwisata di Kabupaten Lumajang.

“Ini bagus, highland sebuah potensi yang luar biasa,” katanya kagum.

Dirinya mendukung dan mengapresiasi, upaya Pemerintah Kabupaten Lumajang, dalam melakukan pengelolaan potensi daerah. (adi/sit)