Connect with us

Kota Malang

Tujuh Gerbong Tanpa Lokomotif Berjalan Sendiri Tabrak Ekskavator

Diterbitkan

||

Gerbong yang berjalan sendiri akhirnya anjlok. (ist)
Gerbong yang berjalan sendiri akhirnya anjlok. (ist)

Memontum Kota Malang – Sebanyak 7 gerbong Kereta Api (KA) tanpa lokomotif berjalan sendiri menabrak ekskavator di pinggir rel Stasiun Malang Kota Lama, Kelurahan Ciptomulyo, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Rabu (18/11/2020) pukul 15.02 WIB.

Rangkaian gerbong itu berjalan sendiri dengan kecepatan sekitar 40 km perjam menabrak ekskavator yang sedang memperbaiki rel KA di lokasi kejadian. Tidak ada korban jiwa dari kejadian ini dikerenakan gerbong tersebut tidak ada penumpangnya.

Informasi Memontum.com bahwa gerbong tanpa lokomotif itu merupakan gerbong langsir dari Kereta Gajayana jurusan Malang-Jakarta yang akan berangkat dan belum ada penumpangnya.

Slamet S Effendy (50), warga yang tinggal disamping Stasiun Kota Lama, Kelurahan Ciptomulyo mengatakan, bahwa sebelum kejadian itu terjadi, lewat KA Panataran jurusan Surabaya-Blitar.

“Beberapa menit kemudian di rel dua, melaju 7 gerbong tanpa lokomotif tersebut dari arah utara ke selatan,” ujar Slamet.

Melihat adanya gerbong yang berjalan sendiri, para pekerja yang sedang melakukan pergantian rel di jalur dua, langsung menyelamatkan diri menghindar.

“Rangkaian gerbong itu langsung menabrak bagian belakang alat berat ekskavator. Gerbong masih tetap berjalan ke arah selatan, namun karena rel jalur dua masih dalam perbaikan dan diputus, sehingga gerbong kereta itu lepas dan anjlok dari rel,” ujat Slamet.

Karena sedang ada pemasangan rel, tiga gerbong anjlok keluar dari rel. Sedangkan empat gerbong lainnya masih berada di atas rel jalur dua. “Getarannya kerasa sampai rumah, suaranya juga kencang, dimana saat itu, saya ada di balkon rumah saya dan sedang melihat-lihat perbaikan rel disitu,” ujarnya lagi.

Suprapto, selaku Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya telah membenarkan adanya kecelakaan yang terjadi tepatnya pada pukul 15.02 WIB. “Adanya rangkaian langsiran dari Stasiun Malang yang anjlok. “Dalam kejadian ini tidak memakan korban jiwa,” ungkapnya.

Petugas KA hingga Rabu malam masih berusaha melakukan evakuasi gerbong yang keluar dari rel. (gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *