Connect with us

KREATIF MASYARAKAT

Ayam Lodho, Kuliner Khas Trenggalek yang Wajib Dicoba

Diterbitkan

||

ANDALAN : Kuliner andalannya Kabupaten Trenggalek, ayam lodho lengkap dengan nasi putih dan urap sayur.
ANDALAN : Kuliner andalannya Kabupaten Trenggalek, ayam lodho lengkap dengan nasi putih dan urap sayur.

Memontum Trenggalek – Berkunjung ke Kabupaten Trenggalek tak lengkap rasanya jika tak mencicipi kulinernya. Kuliner yang wajib dicoba saat ke Kota Keripik Tempe ini adalah Ayam Lodho.

Kenapa harus ayam lodho, karena menu masakan ini menjadi icon Kabupaten Trenggalek yang terkenal dengan cita rasa yang gurih, pedas dan wangi dari rempah-rempah.

Paling lengkap, saat menyantap makanan berkuah santan ini adalah dengan urap (sayuran rebus) seperti kenikir, kacang panjang, tauge dan dilengkapi dengan kelapa parut yang diberi bumbu khas beserta nasi putih.

Teknik memasak ayam lodho ini juga terbilang tak biasa, karena ayam harus dipanggang terlebih dahulu baru dimasak menggunakan bumbu-bumbu khusus.

Tak heran, jika aroma smoke (panggang) pada ayam lodho ini menambah kenikmatan saat dinikmati bersama teman, kerabat maupun keluarga.

Penjual ayam lodho, Narsih mengatakan salah satu makanan khas yang banyak dicari saat ke Trenggalek adalah ayam lodho.

“Ya memang ayam lodho ini menjadi primadona kalau berkunjung ke Trenggalek. Makanya banyak orang dari luar kota yang datang ke Trenggalek hanya untuk mencari masakan ayam lodho,” ungkap Nar sapaan akrabnya saat dikonfirmasi, Rabu (18/11/2020) siang.

Dikatakan wanita berhijab ini, pengolahan ayam lodho ini terbilang mudah. Pertama, ayam dibersihkan lalu dipanggang di atas bara api sampai kuning keemasan.

“Untuk bumbu ayam lodho ini juga bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional. Mulai dari cabe merah besar, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kemiri, merica, daun salam, sereh dan beberapa bumbu dasar lainnya,” imbuhnya.

Ayam yang dipilih untuk lodho ini pun tidak sembarangan, yaitu jenis ayam kampung. Ayam kampung sendiri memiliki tekstur daging yang lunak (lembut).

Terkait harga ayam lodho ini, Nar menuturkan cukup bervariasi tergantung besar kecilnya ayam yang diolah. Jika dikira – kira, harga per ekor dibanderol mulai Rp 85 ribu-125 ribu.

“Kalau untuk dimakan disini, harga per potong Rp 25 ribu, sudah termasuk nasi putih dan urap. Kami juga menerima pesanan baik untuk acara selamatan atau acara-acara yang lain. Biasanya harga per paket mulai Rp 200 ribu sampai 250 ribu,” terang Nar.

Terpisah, salah satu penikmat ayam lodho, Samsul mengungkapkan sangat disayangkan jika ke Trenggalek tidak mencoba masakan ayam lodho.

“Meski di Kabupaten Tulungagung juga ada menu masakan ayam lodho, tapi ayam lodho di Kabupaten Trenggalek tak kalah enak untuk dinikmati,” terangnya.

Masih kata pria bertubuh tinggi ini, setiap daerah pasti memiliki kuliner andalan. Tak terkecuali di Kabupaten Trenggalek.

“Yang saya tau selain ayam lodho, di Trenggalek itu juga ada yang namanya nasi Gegok yang ada di Kecamatan Bendungan. Bagi pecinta pedas, wajib pula mencoba nasi Gegok ini,” pungkas Samsul.

Jadi, bagi kalian yang datang ke Kabupaten Trenggalek, selain bisa mengeksplorasi potensi wisata yang ada, juga wajib mencoba menu – menu andalan seperti ayam lodho, nasi Gegok, ikan bakar yang dijamin bisa menggoyang lidah kalian. (adv/mil)