Connect with us

Pemerintahan

Komnas PA Kabupaten Probolinggo Diresmikan

Diterbitkan

||

Komnas PA Kabupaten Probolinggo Diresmikan

Memontum Probolinggo – Sebanyak 12 orang pengurus Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Kabupaten Probolinggo, dilakukan pelantikan oleh Ketua Umum Komnas PA RI, Arist Merdeka Sirait, di Pendopo Prasadja Ngesti Wibawa, Kabupaten Probolinggo, Jumat (20/11) tadi. Mereka diantaranya, Puji Astuti yang dipercaya sebagai Ketua Komnas Perlindungan Anak Kabupaten Probolinggo. Lalu, beberapa seksi meliputi, Advokasi dan Reformasi Hukum, Sosialisasi dan Promosi Hak Anak, Pemantauan dan Kajian Perlindungan Anak.

Pelantikan sendiri, dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo, Tutug Edi Utomo, Sekretaris Jenderal Komisi Nasional Perlindungan Anak RI, Danang Sasongko, serta sejumlah OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Ketua Umum Komnas PA RI, Arist Merdeka Sirait, mengatakan bahwa kekerasan terhadap anak terjadi dimana-mana dan tidak hanya di Kabupaten Probolinggo. Mayoritas, pelakunya adalah orang terdekat dengan sejumlah korban.

“Kekerasan terhadap anak terkonfirmasi di berbagai daerah. Diantaranya, tindak kekerasan secara fisik, seksual, penganiyaan emosional atau pengabaian terhadap anak. Kekerasan sendiri banyak terjadi di lingkungan keluarga dan sekolah. Dengan permasalahan itulah, harus dilakukan gerakan nasional pertolongan anak yang didominasi oleh pelanggaran-pelanggaran hak anak,” katanya.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo, Tutug Edi Utomo, mengatakan akan mendukung penuh terbentuknya pengurus Komisi Nasional Perlindungan Anak Kabupaten Probolinggo. Dengan adanya sebuah pergerakan nasional Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) untuk melindungi dan memberikan pertolongan kepada anak.

Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak Kabupaten Probolinggo, Puji Astuti, dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa pelantikan ini merupakan sebuah amanah. Tentunya, setelah pelantikan ini, pengurus berkomitmen memberikan pelayanan dan perlindungan bagi anak-anak di Kabupaten Probolinggo.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan sebagai bentuk kepedulian terhadap gerakan perlindungan anak oleh Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak RI kepada Bupati Probolinggo, yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Tutug Edi Utomo. Penghargaan juga diberikan kepada Kapolres Probolinggo, AKBP Ferdy Irawan, Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS). (kom/sit)