Connect with us

Pemerintahan

DLH Bangkalan Kaji Penanganan dan Pengelolaan Sampah

Diterbitkan

||

Webinar sosialisasi Pola Pengelolaan Keuangan (PPK) dan BULD Pengelolaan sampah di ruang Command Center Dinas Kominfo Kabupaten Bangkalan.
Webinar sosialisasi Pola Pengelolaan Keuangan (PPK) dan BULD Pengelolaan sampah di ruang Command Center Dinas Kominfo Kabupaten Bangkalan.

Memontum Bangkalan – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangkalan, tengah melakukan kajian terkait penanganan dan pengelolaan sampah yang ada di wilayah Kabupaten Bangkalan.

Salah satu rencana yang akan dilakukan, yakni pengelolaan sampah dengan cara membentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Hal itu, disampaikan Kepala DLH Kabupaten Bangkalan, Anang Yulianto, seusai mengikuti webinar sosialisasi Pola Pengelolaan Keuangan (PPK) dan BULD Pengelolaan sampah, Kamis (19/11) di ruang Command Center Dinas Kominfo Kabupaten Bangkalan.

Kegiatan sendiri, diselenggarakan oleh Asosiasi Kepala Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia.

“Itu memang arahan pemerintah pusat, sebagai salah satu alternatif. Tadi, Pak Wakil Bupati langsung memandatkan agar di Bangkalan, untuk dikaji soal pengelolaan sampah melalui BLUD,” katanya.

Ditambahkan, jika nantinya di Kabupaten Bangkalan, untuk pengelolaannya menggunakan BLUD, maka OPD yang bersangkutan lebih memiliki keleluasaan dalam pengelolaan sampah.

“Karena OPD yang dimandatkan setengah berwirausaha. Jadi, bisa meringankan kinerja kita, terutama dalam pembiayaan,” paparnya.

Sehingga, kata mantan Sekretaris Satpol PP Kabupaten Bakalan itu, hal yang harus dipertimbangkan yakni tentang kelembagaan, personal dan pembiayaan.

“Jadi bisa lebih profesional. Tetapi, misi utamanya tetap dalam hal pelayanan,” tambahnya. (kom/sit)