Connect with us

Lumajang

Bupati Bersama Pecinta Alam Tanam Bibit di Pantai Watu Pecak

Diterbitkan

||

Cak Thoriq bersama komunitas pecinta alam saat melaksanakan penanaman bibit pohon di kawasan pesisir Pantai Watu Pecak.
Cak Thoriq bersama komunitas pecinta alam saat melaksanakan penanaman bibit pohon di kawasan pesisir Pantai Watu Pecak.

Peringati Hari Pohon Sedunia, Sebar Ribuan Bibit

Memontum Lumajang – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, bersama pecinta alam melaksanakan penanaman bibit pohon di kawasan pesisir Pantai Watu Pecak, Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang, Minggu (22/11) pagi. Sejumlah penghijauan itu dilakukan, guna memperingati Hari Pohon Sedunia Tahun 2020.

Dalam serangkaian pelaksanaan itu, Bupati Lumajang sangat mengapresiasi penanaman bibit yang dilakukan. Karena, bisa mengurangi abrasi air laut dan kerusakan lingkungan serta melindungi habitat di sekitar pesisir pantai.

“Saya sangat mengapresiasi kepada kawan-kawan pecinta alam dan lingkungan, yang hari ini hadir di Watu Pecak. Kita semua punya pikiran dan tujuan yang sama, dalam melakukan hal yang nyata dalam melestarikan lingkungan di pesisir selatan, terutama di pantai Watu Pecak,” katanya.

Ditambahkan, bahwa laut menjadi bagian dari kehidupan sosial yang selalu berdampingan. Bagi masyarakat yang berada di pesisir selatan, laut sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-harinya.

Bupati Lumajang menegaskan, bahwa dirinya berkewajiban untuk mengambil langkah dan kebijakan yang memiliki tujuan utama yakni pelestarian lingkungan. Menurutnya, hal itu sangat berpengaruh terhadap keselamatan jiwa dan kelestarian lingkungan juga lebih utama dari segalanya.

“Begitu ada indikasi melakukan kerusakan terhadap lingkungan, adanya indikasi orang-orang yang akan menggangu lingkungan, akan berhadapan dengan saya Bupati Lumajang,” tegasnya.

Pemerintah Kabupaten Lumajang berkeinginan, untuk mengembalikan fungsi lingkungan yang ada di pesisir selatan Kabupaten Lumajang, untuk dijadikan sebagai tempat konservasi lingkungan. Sehingga, kedepannnya pemanfaatan pesisir pantai selatan harus dalam rangka konservasi alam dan lingkungan.

Panitia Kegiatan, Aak Abdullah, menjelaskan kalau kegiatan penanaman bibit pohon tersebut diikuti oleh berbagi komunitas pecinta alam baik dari Kabupaten Lumajang, maupun dari luar Lumajang.

Seperti, dari wilayah Jember, Banyuwangi, bahkan dari serikat pedagang kaki lima Surabaya. Total bibit pohon yang ditanam di pesisir pantai selatan khususnya di wilayah pantai Watu Pecak, mencapai 2.500 bibit.

“Hari ini total bibit pohon ada 2.500 bibit. Terdiri dari bibit Pohon Mangrove, Cemara Laut dan masih banyak beberapa bibit pohon yang lainnya. Serta tidak kalah penting, ada beberapa bibit pohon Baobab yang berasal dari Afrika, memiliki bentuk pohon yang besar dengan diameter kurang lebih 5 meter,” ungkapnya. (adi/sit)