Connect with us

SEKITAR KITA

Cafe Apung Sumberpucung, Tak PHK Karyawan Meski ‘Mati Suri’

Diterbitkan

||

Cafe Apung Sumberpucung, Tak PHK Karyawan Meski 'Mati Suri'

Memontum Malang – Berbagai problem muncul selama Covid-19. Tidak terkecuali, sektor wisata yang mengalami ‘mati suri’. Mulai menutup sementara semua aktifitas, sampai merumahkan karyawan untuk sementara waktu.

Hanya saja, pemandangan itu justru berbeda di Cafe Apung Rowo Klampok, Desa Senggreng, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang. Tidak satu pun karyawan yang dirumahkan apalagi sampai di PHK.

“Sempat tutup dua bulan, yakni pada Mei dan Juni. Tapi, kita tidak memecat satu pun karyawan sampai sekarang,” ujar Pengelola Cafe Apung Rowo Klampok, Resa Septia, Minggu (22/11).

Selama kala itu tidak beroperasi, para karyawan hanya di istirahatkan sampai cafe buka kembali. “Kita panggil kembali semua karyawan pas kita buka kembali. Tak ada satupun karyawan yang terlewat. Total ada 15 karyawan dan sekarang masih tetap bekerja semua,” ungkapnya.

Disisi lain, untuk omzet memang cukup terasa. Dari biasanya atau sebelum pandemi sekitar 100 pengunjung datang setiap harinya, kini mengalami penurunan.

“Sekarang cuma 50an orang saja yang datang. Kadang malah kurang dari itu. Ya turun 50 persenan,” tambahnya.

Meski demikian, pihaknya tetap bersyukur. Karena, masih banyak pelanggan yang setia untuk singgah dan menikmati wisata.

“Saat ini, Alhamdulilah bisa sedikit demi sedikit terangkat. Apalagi, para pelanggan juga setia menunggu buka kembali. Dan saya sangat berterimakasih, karena mereka loyal kepada apa yang kita berikan disini,” tambahnya.

Terkait masalah protokol kesehatan, pihak pengelola tak pernah ketinggalan untuk terus menerapkannya dengan sangat ketat. Seperti physical distancing, handsanitizer, tempat cuci tangan di beberapa titik dan selalu mengingatkan pengunjung untuk menggunakan masker.

“Kita disini sangat ketat, kalau ada pengunjung datang tidak pakai masker atau tak membawa masker, tidak kita persilahkan masuk. Terserah mau kembali atau beli masker juga bisa, karena disini kita juga menyediakan,” paparnya. (riz/sit)