Connect with us

SEKITAR KITA

Bangun Sinergitas Malang Raya, Malang Maju Bersama

Diterbitkan

||

Kegiatan Sinkronisasi, Monitoring dan Evaluasi Bidang Pemerintahan Umum yang dihadiri Forkopimda se Malang Raya.
Kegiatan Sinkronisasi, Monitoring dan Evaluasi Bidang Pemerintahan Umum yang dihadiri Forkopimda se Malang Raya.

Memontum Malang – Pjs Bupati Malang, Sjaichul Ghulam, membuka kegiatan ‘Sinkronisasi, Monitoring dan Evaluasi Bidang Pemerintahan Umum’ di salah satu hotel di Kota Malang, Senin (23/11) pagi.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil III) Malang itu, dihadiri Forkopimda se Malang Raya, Sektor Akademis, Direktur RSSA, Pimpinan Perbankan, Kepala OPD di lingkungan Provinsi Jawa Timur dan Malang Raya.

Mengacu pada Undang-Undang No. 23 Tahun 2014, kegiatan ini dimaksudkan untuk membangun optimisme dan sinergitas untuk terwujudnya harmonisasi penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Malang Raya.

Daerah melaksanakan pembangunan untuk peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik dan daya saing daerah.

Pembangunan daerah, merupakan perwujudan dari pelaksanaan urusan pemerintahan yang telah diserahkan ke daerah sebagai bagian integral dari pembangunan nasional.

Dengan menggunakan Aplikasi SIPD (Sistem Informasi Pemerintahan Daerah), Pemerintah Kabupaten Malang membuat sistem perencanaan pembangunan daerah dan sistem keuangan daerah serta sistem pembinaan dan pengawasan pemerintahan daerah dengan tujuan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara efektif, efisien dan akuntabel dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Selain itu, juga mensinkronkan dan mengharmonisasikan pembangunan pusat dan daerah. “Peran pemerintah daerah secara kelembagaan sebagai fasilitator antara stakeholder melakukan kerjasama secara informal dengan dua belah pihak. Melalui pemerintah baik tingkat pertama maupun kedua dan rekomendasi dari pusat. Sedangkan secara enterpreneurship pemerintah ikut mengelola dan memobilisasi sumber daya sekaligus membentuk badan usaha bersama beberapa daerah maupun pihak swasta,” kata Pjs Bupati Malang yang juga Kepala Bakorwil III Malang.

Berbicara mengenai strategi penanganan kasus covid-19 yang berdampak pada semua sektor, misalkan dalam urusan kesehatan, pemerintah daerah berupaya mengoptimalisasi strategi tracing testing treatment. Lalu perekonomian dan perdagangan UMKM, dan yang lebih penting urusan penanggulangan bencana dengan membagikan masker di wilayah perbatasan, penyemprotan desinfektan bagi pengendara yang masuk ke wilayah Malang Raya, serta memberikan bantuan peralatan dan logistik untuk penanganan covid-19.

“Kemarin kita sudah menggagas ‘Malang Maju Bersama’ dengan seluruh Forkopimda se-Malang Raya. Ini sebagai bentuk kerjasama mewujudkan tiga daerah yang sinergis dan harmonis. Mudah-mudahan terus berjalan menjalin koordinasi dan komunikasi dengan baik kedepannya,” papar Abi Ghulam-sapaan Kepala Bakorwil yang juga Pjs Bupati Malang. (hum/sit)